{Angga} masalah inner as roda aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3970483&page=80 s/d http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3970483&page=91

Pada 20 Mei 2010 :

mau laporan n curhat dikit om,,

td si cerep mogok total n ga bs jalan,,
kejadiannya pas di tanjakan plasa semanggi,,
pulang dr jenguk sodara cw ane n niat makan siang disitu,,
pas abis pemeriksaan kendaraan n lewatin loby n siap2 nanjak gak taunya tiba2 mobil ga mau naik n kedengeran suara berisik dr arah kaki2,,
kirain cm ga masuk persneling,,
ga taunya ternyata AS RODA yg bermasalah!!!
panik BGT pertama kali,,
langsung pinggirin mobil n nelp montir langganan,,
asumsi montir langganan as roda cm loss aja n bisa dibenerin sendiri,,
pas nelp beres tendean katanya montir lg bertugas semua n dikasih nomor beres mt haryono,,
montir beres bilang klo kudu derek n kena biaya 400-500rb,, (ewww!!!)
akhirnya nelp montir langganan yg di daerah tebet n berharap dia bs dtg ga taunya dia nyuruh derek jg n bw kebengkel,,
akhirnya mnta bntuan nyokap n nyokap nelp bengkel rekanan asuransi langganan n siap n bersedia derek,,
tp dereknya justru ga bs krn jam sgitu (2 siang) ga blh lwt jln protokol krn ada larangan dr pemda,,
akhirnya nelp temen yg di Polda n dia nelp derek Dishub,,
akhirnya mobil didorong n dpt parkir VIP vallet,, (hehehe)
jam 5 lwt derek br dtg n br bs dibawa ke bengkel,,
sedih BGT rasanya,,
smpe ga nafsu makan,,
hehehe,,

gambar 1

sekarang mw minta masukan dr om2 semua,,
mending ganti langsung kiri n kanan atau bagian yg rusak aja?
soalnya pas smpe bengkel langganan kata montirnya kena as roda sebelah kanan doang,,
mobilnya jg rada ceper nih,,
n kendala di budget jg,,
mudah2n dbantu ortu deh,,

by Angga


---
ntuh kaya nya cv joint inner nya yg kena
outer nya malah gpp
kalo iyah.... ntuh genti nya segelundung om
ori nya....
ga tau juga kalo lks punya buat sisi dalem nya
by kinoy
emang as rodanya kenapa? putus? emang bisa? kayaknya kalo dengan pemakaian wajar sulit rasanya sampe putus... dan biasanya kalo dah aus di dahului dengan bunyi2an lebih dahulu...
ganti 2-2nya ajah.. merek LKS murah kok... cuma 160rb sebiji, tinggal kaliin 2 aja...
by kijangtua
kalo sering disentak.... yg kena justru inner nya om
kalo bagian dalem nya yg kena.... justru biasanya ga ada bunyi2 an
kecuali outer... soale kan kalo setir nya belok... dia ngikut setir
ga bakalan putus.... tapi karena sering spin di tempat ntuh lah.... jadi nya aus
by kinoy
---
kurang tau knp om,,
td br smpe bengkel jam 7n,,
jd blm smpet bongkar n montir br deteksi dr suara aja,,

sabar yah om

ganti merek LKS aja kalo cv joint murah kok.. om zic zac yg pernah ganti

kalo rusak satu ya ganti satu aja om.. gak perlu dua2nya.. yg sebelahnya cukup di grease ulang aja... mudah2an awet kalo rajin di grease ulang...

pas sebelum as rusak... apakah gak terdengar suara tek tek tek saat belok atau pas jalan maju mundur kalo parah
by centraltech8
sebelumnya emng bunyi klek-klek klo lg akselerasi awal atw lg rpm tinggi n lepas gas om,,
niatnya mau tanya ksini mlm ini ga taunya udh kna duluan,,

klo ini emng ada bunyi klo disentak om,,
cm klo belok ane kurang perhatiin,,
moga2 jgn innernya deh om,,

by Angga
---
intermediate shaft yang copot dialami ama om arifin dari AIC :
gambar 2

gini om, posisi transmisi kan di sebelah kiri, bukan persis di tengah2
nah karenanya dari transmisi ke roda kiri lebih deket, sedangkan ke roda kanan lebih jauh
nah jadinya dari transmisi ke roda kanan ntuh lewat intermediate shaft dulu baru masuk ke as roda , sedangkan yang kiri dari transmisi langsung as roda

by singachu

maksudnya spt ini om??
gambar 3
by kijangtua
huuh, tapi di foto yang kiri s/d sebelum karet boot tengah om, ntuh intermediate shaft
kalo yang karet boot ke kanan dah as roda aka drive shaft
by singachu
---
21 Mei 2010

LATEST NEWS!!!

td montir nelp n katanya yg kena daleman as roda tengah!!
katanya klo gnti ga ada yg kw n harganya Rp.1.750.000,,

sekarang lg cri alternatif n hunting via internet yg jual eks. Singapur aja,,
kasian ortu klo kudu gnti baru,,.
ada yg pnya infonya om??

by Angga

kabarin yah om kalo ada... gue juga butuh keknya

posisi rusaknya yg mana nih (om kijangtua ijin pake gambarnya yah )


no 1/2/3 ? kalo gue di posisi no 3 agak kurang pas.. keknya mesti ganti yg warna hijau yg no 3 itu doank....

@ om singachu & om sixthsense
maksudnya intermediate shaft itu no 1 dan 2 yah om... kalo gue butuh yg no 3 itu jualnya gimana om... cukup beli as roda dalem aja kah... gak sama batang as kan?
ada part seperti lks atau yg lain gak... selain ori kalo part or berapaan?
 gambar 4
by centraltech8
intermediate shaft no 1 om, no 2 nya sepertinya gabung ama no 1 ga tau bisa dilepas ato ga
no 3 ntuh as roda, gua ga tau kalo ada KW yang jual ntuh aja.....
by singachu
---
udh dr bengkel n beli part di atrium nih om td,,
jdny ambil yg KW aja,,
total abis 1,250jt,,
klo yg ori bs smpe 2,7jt om,,


no 2 bs dilepas kok om,,
isinya laher gt,,
tp mesti ketukang bubut,,


by Angga
---
report kelanjutan mobil ane nih om,,

ternyata yg kena inner n as rodanya om,,
mungkin gigi2nya udh pd aus kali nih,,

Part yang kena : 
gambar 5
by Angga
---
gambar 6
om itu no 1 dan 2 masih bagus gak, terutama yg no1 yg hijau itu.. antara no1 dan no2 kan ada gigi suri itu aus gak... atau gigi suri yg no 3 yg aus

kalo masih bagus yg hijaunya aja biar gue bayarin aja om
kalo bisa di fotoin yah

by centraltech8

justru gigi2nya yg udh pd ompong om,,
hehehe,,
by Angga
---
perkembangan mobil ane om2,,

mobil udh keluar bengkel n udh sembuh,,
ternyata gara2 gigi inner sm gigi as rodanya udh ompong semua,,
akhirnya kena onkos otal 400rb n belanja part 1.250.000,,
pertama coba rada panik krn lambang ABS n rem tangan nyala n ga mau mati,,
tp pas udh dbawa jalan -+ 100m langsung mati,,

maaf buat om singachu,,
bon belanjaannya ilang,,
ga tau kemana,,
hehehe,,

ini poto2 as roda yg lamanya,,

 gambar 7 - as roda lama
 
 gambar 8 - As roda lama : sudah ompong nih

intermediate shaft itu emang jualnya dapet yg ijo yah om
by centraltech8

ga dapet om,,
justru alibi montir dulu as roda udh pernah diganti om,,
cm ga ganti innernya,,
makanya sekarang gigi keduanya pada sama2 kalah om,,

oh iya,,
itu laher yg di no.2 ternyata ga bs dibuka om,,
cm bs dbuka pegangannya aja,,
makanya foto as roda 1 (gambar 8) ane msh ada lahernya dsitu,,
---
hal 93

beli di sentosa motor atrium om,,
total abis 1.250.000
perinciannya ane lupa om,,
pokoknya yg ane dapet gigi intermediate no merk, as roda merk NKN, laher merk SGP, n 1 tube gemuk,,
bongkar pasangnya dikerjain dibengkel langganan n kena 400.000 om,,

toko sentosanya juga enak om,,
ramah n mau dibalikin barangnya klo seandainya ga kepake om,,
kmrn pelayannya bilang klo ada kemungkinan gigi as roda yg kalah sm gigi intermediate-nya,,
jd klo pas udh dibongkar n gigi intermediatenya msh bagus, ane boleh balikin belanjaan yg ga kepake om,,

innernya kayaknya no merk d om,,
atau mungkin bermerk tp ane ga tw,,
hehehe,,

{lihat gambar no 6}

jd yg nomor 1 itu udh bkn ori om,,
udh merk NKN, makanya warnanya ijo,,
klo no 2 itu kan pegangan ke rangka mobil n isinya laher,,
klo no 3 itu batang intermediate-nya,,

klo rinciannya udh di atas yah om,,
nnt bonnya ane cari2 lg d,,
kayaknya jatuh di mobil ortu pas abs belanja parts deh,,

by Angga

Update foto gigi suri (splines) :

gambar 9 - splines intermediate ke inner cv joint

gambar 10 - splines intermediate ke transmision case

Bandingkan kedua gambar di atas, splines dari intermediate shaft ke inner cv joint lebih aus dibanding yang ke rumah transmisi / gear box (click gambar untuk view lebih besar)

by Angga

Comments

  1. Baru baca nih, seminggu sebelom lebaran 2011 baru benerin masalah as roda. Dateng ke tukang kaki2, niatnya minta dibuka, dibersihin and dikasi grease baru.

    Kata tukang pernya, kalo cuma di kasih grease, bunyi tek teknya kalo belok ga bakalan ilang, dia saranin supaya as rodanya dibubut, istilahnya dia ditambah daging. Dia tanya kalo beloknya ke kiri tektek berati yg kanan yg dibubut, gw bilang dua2nya ke kiri ke kanan bunyi. Ya udah dibubut dua2nya. Satu selongsong di copot, yang tengahnya dicopot juga, dibawa ke tukang bubut, gw nunggu di bengkel.

    Abis dibubut ternyata panas barangnya, so tau pegang2 mau liat yang udah dibubut hehe.

    Ongkosnya : 275 ribu (incl. Bubut)
    Tambahan:
    Karet boot 4 biji: 80 rb
    Grease brighton: 35 rb

    Hasilnya ga bunyi tek tek tek lagi.
    Mudah2an long lasting

    ReplyDelete
  2. Memang kalo dah bunyi, grease ulang tidak menolong karena cuman tindakan pencegahan......

    Nice info bisa dibubut :) ada fotonya ?

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. As roda aeriokudibubut juga, dilas listrik ke CV joint baru. Gk masalahkan?

    ReplyDelete
  4. Case, master koopling bocor, dipaksa maju alhasil asroda depan dan CV joint kena.

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin