DIY : buka dan bersihkan Throttle Body

gambar 1

Aerio waktunya tune up nih, coba turunin Throttle Body ah biar ngebersihnnya lebih puas kalo di bongkar. Sebelum bisa menurukan Throttle Body, buka intake plastik dulu. Setelah terekspose, lepas socket Throttle Position Sensor, socket IAC Switch dan lepas kabel gas. Gunakan kunci sock no 12 untuk membuka 4 baut pengikat Throttle Body. Gunakan Tang untuk membuka klip selang air radiator yang ke dan dari Throttle Body dan lepaskan selangnya. Tarik ke atas dan turunkan Throttle Body seperti pada gambar 1.


gambar 2

Pada gambar 2 terlihat Throttle Position Sensor di bagian kanannya (terbuat dari plastik hitam - terdapat tulisan Mikuni produsen pembuatnya). Sebelah kiri terlihat 2 pipa untuk air radiator, hmmm banyak banget keraknya.

gambar 3

Pada gambar 3, sisi kiri tampak dudukan kabel gas untuk membuka Throttle Valve. Sebelah kanan terlihat socket listrik untuk IAC Switch.

gambar 4

Pada gambar 4 terlihat dudukan untuk kabel gas, hmm sayang lupa foto untuk tempat pengait kabel gas, bentuknya mirip seperti yang dekat dengan baut, tapi posisi di foto terhalang. Throttle Body ini juga buatan Mikuni seperti terlihat di foto sisi kanan.

gambar 5

Gambar 5 merupakan zoom bagian atas Throttle Body, terlihat Throttle Plate aka Butterfly Valve berbentuk bundar berwarna kuning. Terlihat di sisi kanan ada lubang yang merupakan lubang saluran udara saat Butterfly Valve menutup, bila buntu atau kotor dapat mengganggu putaran idle dari mesin.

gambar 6

Gambar 6 menunjukkan bagian bawah dari Throttle Body. Terlihat Throttle Plate / Butterfly valve, sebelah kirinya merupakan saluran udara untuk idle yang terhubung dengan lubang di gambar 5. Saat ini terlihat menghitam karena kotor.

gambar 7

gambar 8

Gambar 7 dan 8 merupakan Zoom dari bagian bawah Throttle Body, terutama bagian saluran udara idle. Di gambar 8 terlihat lebih jelas adanya lubang yang terhubung dengan lubang di gambar 5.

gambar 9

Bila dudukan kabel gas atau skep gas ditekan / diputar pakai tangan, Butterfly Valve akan membuka seperti terlihat di gambar 9.

gambar 10

Pada gambar 10, switch IAC dibuka dengan membuka 4 sekrup. Terlihat ada 3 bagian di dalamnya, yang terlihat berwarna coklat adalah ruang untuk air radiator, gunanya untuk menentukan besaran bukaan valve saat idle yang didasarkan pada suhu mesin. Sedangkan dua lubang di bawahnya adalah lubang yang terhubung dengan lubang gambar 5 dan gambar 8.

gambar 11

Setelah melakukan bersih-bersih menggunakan cairan Engine Conditioner untuk lubang udara, sedangkan untuk jalur air radiator dibersihkan menggunakan obeng, termasuk pipa selang radiator (gambar 2) disogok-sogok menggunakan obeng kecil. Gambar 11 merupakan hasil pembersihannya. di 2 lubang udara benar-benar kotor dalamnya sampai cairan menghitam dan perlu beberapa kali pembersihan dan pembilasan dengan Engine Conditioner.

gambar 12

Bagian yang mengarah ke tengah juga dibersihkan, untuk bagian ini gampang-gampang susah untuk membersihkannya karena sempit untuk dimasukin jari tangan, hanya mengandalkan cairan Engine Conditoner, tissue / lap yang didorong memakai obeng untuk menseka kotoran yang lunak oleh Engine Conditioner.

gambar 13

Pada gambar 13, bagian utama dari Throttle Body berikut butterfly valve-nya dibersihkan sebersih mungkin.

gambar 14

Selesai untuk pembersihan Throttle Body. Pasang selang radiator dan klipnya, pasang baut-bautnya, pasang socket TPS dan IAC Switch, pasang kabel gas.
Done.


by singachu

Comments

  1. ZicZac Was Here Tq om :beer:

    ReplyDelete
  2. Richardt75 was here too.....thx om singachu

    ReplyDelete
  3. sama2 om, seperti aku post di kaskus, taro sini juga dah :


    cara tune up :
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-buka-busi-aerio-next-g.html
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-bersihkan-filter-udara.html
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-melepas-intake-plastik.html

    Nah sampe sana dah bisa beraksi pake semprot2 kok :D

    sekalian PCV Valve dibersihin :
    http://otodiy.blogspot.com/2009/12/diy-cek-dan-bersihkan-pcv-valve.html

    kalo lepas TB :
    http://otodiy.blogspot.com/2010/05/diy-buka-dan-bersihkan-throttle-body.html

    reset ECU :
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-reset-ecu.html
    http://otodiy.blogspot.com/2009/12/diy-reset-ecu-alternatif-cara.html

    bersihin injector :
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-bersihkan-injector-dari-bro.html
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-centraltech8-foto-foto-bersihkan.html
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-bersihkan-injector-praktek-sendiri.html
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-bersihkan-injector-kopdar-17-okt-09.html

    ReplyDelete
  4. tambahan stel CO
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-stel-co-lamda-afr.html

    cuman nilai pastinya mesti ke bengkel yang punya alat uji emisi

    ReplyDelete
  5. hahaha om singachu lengkap pengarahannya....makasih bantuannya...semoga diberi pahala yg besar buat om singachu & keluarga..

    ReplyDelete
  6. om..mau tanya air radiator masuk throttle body itu fungsinya apa ya

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : troubleshoot ABS dengan scan error code ABS serta perbaikannya

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}