DIY : {kijangtua} mengatasi power window macet

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3970483&page=311
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=232670868#post232670868

sekedar ngelanjutin dari DIY om singa tentang cara copot door trim. kali ini lebih dalam lagi buat ngatasin power window yang macet...

1. setelah doortrim terlepas, maka akan terlihat plat pintu dan plastik penutupnya....

2. lepas plastik dari lem hitam kayak dodol itu secukupnya aja, sesuai dengan area kerja kita... kalo yg gw lepas hanya di atas garis merah aja.. segitu dah cukup...


 gambar 1

3. kalo dirasa perlu baiknya dilanjutkan dengan mencopot speaker depan.. gunanya agar mudah merogoh jika ada baut/mur yang jatuh... cukup lepas 3 baut aja... kalo mo sekalian ganti speaker juga boleh


gambar 2
4. selanjutnya mencopot motor power window dari pelat pintu... ada 3 baut (liat lingkaran kecil warna merah 3 buah...)

gambar 3

5. kemudian lepas soket kabel motor... lalu lepaskan juga klem soket yang mengikat ke pelat pintu... (liat lingkaran merah yang besar : gambar 3)

6. motor power window sudah terbebas.. tinggal didorong ke dalam...

7. selanjutnya nah ini yg gw bingung soale gw gak ada foto2..

8. kemudian perhatikan selongsong power window yg warna abu2... dilingkaran yg gw tandain itu ada bautnya... yg atas 2 buah dan yg bawah 1 buah... nah baut itu yang harus kita buka...

gambar 4

9. cara bukanya agak ribet dikit dan harus ditarik2 untuk dapet posisi sudut yang tepat.. usahakan gunakan obeng yang ada magnitnya.. biar bautnya gak jatuh setelah terlepas... tapi biasanya sih pasti jatuh.. maka itu tadi speaker gw copot biar gampang ngerogohnya...

10. dengan tangan memegang obeng, tangan kita masuk ke dalam rongga pintu... 2 buah baut gw buka melalu tangan yg masuk di rongga atas... 1 buah baut gw buka melalui rongga yg bawah... saat ini terserah bagaimana improvisasi kita yg penting bautnya selongsong motor power window bisa dicopot... dan jangan takut kawat selingnya lepas.. karna kawat tsb terpasang dengan kuat walo motor tsb kita tarik keatas ke bawah...

gambar 5

NOTE : waktu baut terlepas / ditarik biasanya ntar ada bunyi "kletek" seperti ada yg jatuh... nah itu yg jatuh murnya.. segera dipungut yaahh..

11. setelah baut terlepas semua.. silahkan ditarik deh selongsong cover motor itu... jangan kaget kalo agak berat nariknya karna ada magnitnya..

12. setelah dilepas silahkan diliat2 aja dulu isi dalemnya...

13. pasti akan ngeliat benda ini didalam selongsong yang dibuka... 

gambar 6

14. cara ngelepas benda ini dengan diputar... kenapa diputar? karna benda ini akan berputar untuk menggulung kawat seling.. nih liat ada ulirnya kan di kotak yang warna biru... (gambar 6)

15. untuk memutar kita pegang aja dibagian yg gw kotakin warna kuning.. (gambar 6)  ntar lama2 rotor tsb akan naik/meninggi dan huuplaa.. terlepas lah dia...

16. selanjutnya setelah terlepas.. siapin sikat gigi bekas.. contact cleaner/penetrant/semacam wd40/rg80/ap75 terserah deh... mo pake bensin/minyak tanah juga boleh...
semprot bagian yg gw kotakin warnain merah dengan contact cleaner.. lalu sikat... pelan2 aja jangan kuat2 yang penting bisa rontok kotorannya...
kenapa bagian ini yang disikat? karna ini bagian yg bergesekan dengan karbon brush...

17. setelah bersih keringkan dan siap dirangkai kembali seperti kebalikannya..

NOTE :

1. waktu merangkai ulang kesulitan yang akan ditemui pada saat memasang rotor... setelah diputar rotornya.. maka rotor akan masuk kedalam... nah biasanya rotor akan ketahan ama karbon brush pas diarea yang gw kotakin warna merah... butuh ketelitian dan kesabaran buat mendorong rotor supaya bisa masuk lagi...

2. setelah rotor bisa masuk dan area yg warna merah itu telah diapit oleh karbon brush maka rotor sudah masuk dengan sempurna... selanjutnya perhatikan posisi kaca jendela... karna kaca jendela dalam posisi tertutup, maka rotor diputer terus sampai agak seret, lalu kendorkan sekitar 1 putaran

3. selanjutnya pasang selongsongnya...

4. kesulitan berikutnya adalah saat memasang 3 buat baut selongsongnya... sebab kita harus menyelipkan dulu mur dibawahnya baru bisa memasang bautnya... pake pinset biar gampang buat nyelipin murnya...

5. kalo 3 baut pengikat selongsong dah kepasang dengan rapih.. tinggal pasang 3 baut yg ngiket motor ke pelat pintu... pasang2 kembali soketnya... dan dites deh..

nguiiiing... power window pun lancar...

tenkyu
dan mohon maaf kalo kurang jelas... 

Quote:
Originally Posted by .kasus88 View Post
yang ngelepas motor power windownya ada fotonya jg om ? kaca perlu dilepas apa enggak ?

regards,
singachu
sama sekali gak perlu lepasin kaca... tapi waktu buka selongsong motor power windownya, obeng harus masuk dalem rongga pintu... gak susah kok, apalagi tanggannya kecil... gw aja yg tangannya gede bisa walo harus sampe kek gini...

ini selongsong yg harus dibuka... (gambar 4)

ada 3 baut.. tapi hati2 karna ada mur dibawahnya... jadi begitu baut terlepas, murnya akan jatuh...

lengan gw jadi korban

 gambar 7
by kijang tua

Comments

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : troubleshoot ABS dengan scan error code ABS serta perbaikannya

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}