Minggu, 17 Januari 2010

DIY : buka door trim Aerio / Next G


gambar 1

Alat-alat :
  • Obeng minus
  • Obeng plus
  • kain

Step-step :

1. Lepas plastik pengunci pintu dengan cara diputar dengan tangan berlawanan jarum jam


gambar 2

2. Gunakan obeng minus untuk mencongkel cover handle plastik. Lapisi obeng minus dengan kain agar tidak menggores plastiknya.



gambar 3

3. begitu bagian atas sedikit terbuka, pegang dengan tangan kiri dan bantu untuk menariknya.


gambar 4

4. Begitu terbuka, letakkan obeng dari tangan kanan dan tangan kanan bantu untuk menarik cover handle plastik hingga terbuka menjadi dua bagian seperti di gambar 5. Perhatikan panah-panah kuning, terlihat tongolan plastik yang merupakan kuncian dari handelnya, terlihat ada 4 panah - ada 8 titik penguncian - 4 di kiri dan 4 di kanan (tidak terlihat di foto).



gambar 5

5. Buka 3 sekrup dengan obeng plus. 2 biji di handel plastik dan 1 biji di pembuka pintu. Letaknya bisa dilihat di gambar 6.



gambar 6

6. Geser rumah pembuka pintu ke arah depan (ke arah depan mobil). Perhatikan gambar 7, terlihat kaitan plastik yang menempel ke plat besi, total ada 2 biji - di gambar hanya terlihat sebuah. Untuk melepasnya dengan cara geser ke depan, sedangkan untuk mengembalikannya geser dari depan ke belakang. Sementara ini biarkan saja tetap menggantung, cukup dengan mengesernya ke depan dan lanjutkan step 7.



gambar 7

7. Tarik door trim dari pintu, tangan kanan pegang pintu dan tangan kiri pegang door trim plastik. Newbie mengambil posisi di bawah pintuk untuk menariknya dengan tangan karena di sana newbie merasa mendapatkan grip pegangan yang pas.
 
gambar 8

8. Tidak perlu ragu untuk menariknya, sehingga bagian bawahnya terbuka (gambar 9). Bila sudah mulai terbuka lanjutkan ke sisi kiri dan kanan doortrim hingga semakin terbuka (gambar 10 & 11). Di gambar 10 & 11 terlihat ada obeng untuk mengganjalnya - sebetulnya tidak perlu obeng untuk menarik doortrim, obeng ini hanya untuk keperluan pemotretan saja.



gambar 9



gambar 10


 gambar 11

9. Miringkan rumah tuas pembuka pintu seperti di gambar 12 (kaitan sudah dilepas pada step 6). Tujuan dimiringkan ini agar rumah pintu bisa masuk ke lubang di doortrim. Sementara memiringkan dan berusaha memasukkan, lakukan langkah 10.



gambar 12

10. Sementara tangan kiri melakukan langkah no 9, tangan kanan memegang doortrim dan mengangkat ke atas agar doortrim dapat melalui kawat pengunci pintu seperti terlihat di gambar 13 berikut.


gambar 13

11. Hasil langkah 9 & 10 akan nampak seperti gambar 14, terus naikkan lagi ke atas agar ujung depan doortrim dapat terlepas dari pintu seperti di gambar 15.



gambar 14



gambar 15

12. Meski demikian jangan langsung tarik lepas karena masih ada kabel yang menghubungkan saklar/tombol di doortrim ke pintu.



gambar 16

13. Pada gambar 16 di atas terlihat tanda panah yang menunjukan socket-socket menuju saklar di doortrim. Lepaskan saklar-saklar tersebut dengan menekan penguncinya. Perhatikan lingkaran di gambar 17 yang merupakan pengunci socket-socket tersebut. tinggal tekan dan tarik. Ingat untuk menarik socket listrik selalu pegang socketnya - jangan menarik kabelnya karena bisa merusak/memutuskan kabelnya !!



gambar 17

14. Berikut adalah doortrim yang sudah terlepas, perhatikan bulatan-bulatan yang menandai "paku plastik" yang mengunci doortrim ke plat pintu.


gambar 18

15. Berikut adalah foto pintu yang sudah dilepas doortrimnya. Untuk mengembalikannya tinggal membalik urutannya.



gambar 19


Sekian untuk membuka doortrim.



Waduh gua punya PR tambahan nih, ternyata spon peredamnya lepas..... dulu pernah newbie lem dengan Lem Epoxy merk...... *ga enak ah ngomong di mari* Wah berkali-kali terbukti ini lem kurang bagus yak.... hmmm lem Araldite beraksi lagi nih :D


gambar 20

regards,
singachu

Comments
7 plus+

7 comments :

Poskan Komentar