DIY : buka door trim Aerio / Next G


gambar 1

Alat-alat :
  • Obeng minus
  • Obeng plus
  • kain

Step-step :

1. Lepas plastik pengunci pintu dengan cara diputar dengan tangan berlawanan jarum jam


gambar 2

2. Gunakan obeng minus untuk mencongkel cover handle plastik. Lapisi obeng minus dengan kain agar tidak menggores plastiknya.



gambar 3

3. begitu bagian atas sedikit terbuka, pegang dengan tangan kiri dan bantu untuk menariknya.


gambar 4

4. Begitu terbuka, letakkan obeng dari tangan kanan dan tangan kanan bantu untuk menarik cover handle plastik hingga terbuka menjadi dua bagian seperti di gambar 5. Perhatikan panah-panah kuning, terlihat tongolan plastik yang merupakan kuncian dari handelnya, terlihat ada 4 panah - ada 8 titik penguncian - 4 di kiri dan 4 di kanan (tidak terlihat di foto).



gambar 5

5. Buka 3 sekrup dengan obeng plus. 2 biji di handel plastik dan 1 biji di pembuka pintu. Letaknya bisa dilihat di gambar 6.



gambar 6

6. Geser rumah pembuka pintu ke arah depan (ke arah depan mobil). Perhatikan gambar 7, terlihat kaitan plastik yang menempel ke plat besi, total ada 2 biji - di gambar hanya terlihat sebuah. Untuk melepasnya dengan cara geser ke depan, sedangkan untuk mengembalikannya geser dari depan ke belakang. Sementara ini biarkan saja tetap menggantung, cukup dengan mengesernya ke depan dan lanjutkan step 7.



gambar 7

7. Tarik door trim dari pintu, tangan kanan pegang pintu dan tangan kiri pegang door trim plastik. Newbie mengambil posisi di bawah pintuk untuk menariknya dengan tangan karena di sana newbie merasa mendapatkan grip pegangan yang pas.
 
gambar 8

8. Tidak perlu ragu untuk menariknya, sehingga bagian bawahnya terbuka (gambar 9). Bila sudah mulai terbuka lanjutkan ke sisi kiri dan kanan doortrim hingga semakin terbuka (gambar 10 & 11). Di gambar 10 & 11 terlihat ada obeng untuk mengganjalnya - sebetulnya tidak perlu obeng untuk menarik doortrim, obeng ini hanya untuk keperluan pemotretan saja.



gambar 9



gambar 10


 gambar 11

9. Miringkan rumah tuas pembuka pintu seperti di gambar 12 (kaitan sudah dilepas pada step 6). Tujuan dimiringkan ini agar rumah pintu bisa masuk ke lubang di doortrim. Sementara memiringkan dan berusaha memasukkan, lakukan langkah 10.



gambar 12

10. Sementara tangan kiri melakukan langkah no 9, tangan kanan memegang doortrim dan mengangkat ke atas agar doortrim dapat melalui kawat pengunci pintu seperti terlihat di gambar 13 berikut.


gambar 13

11. Hasil langkah 9 & 10 akan nampak seperti gambar 14, terus naikkan lagi ke atas agar ujung depan doortrim dapat terlepas dari pintu seperti di gambar 15.



gambar 14



gambar 15

12. Meski demikian jangan langsung tarik lepas karena masih ada kabel yang menghubungkan saklar/tombol di doortrim ke pintu.



gambar 16

13. Pada gambar 16 di atas terlihat tanda panah yang menunjukan socket-socket menuju saklar di doortrim. Lepaskan saklar-saklar tersebut dengan menekan penguncinya. Perhatikan lingkaran di gambar 17 yang merupakan pengunci socket-socket tersebut. tinggal tekan dan tarik. Ingat untuk menarik socket listrik selalu pegang socketnya - jangan menarik kabelnya karena bisa merusak/memutuskan kabelnya !!



gambar 17

14. Berikut adalah doortrim yang sudah terlepas, perhatikan bulatan-bulatan yang menandai "paku plastik" yang mengunci doortrim ke plat pintu.


gambar 18

15. Berikut adalah foto pintu yang sudah dilepas doortrimnya. Untuk mengembalikannya tinggal membalik urutannya.



gambar 19


Sekian untuk membuka doortrim.



Waduh gua punya PR tambahan nih, ternyata spon peredamnya lepas..... dulu pernah newbie lem dengan Lem Epoxy merk...... *ga enak ah ngomong di mari* Wah berkali-kali terbukti ini lem kurang bagus yak.... hmmm lem Araldite beraksi lagi nih :D


gambar 20

regards,
singachu

Komentar

  1. sorry om... sekalian si om bongkar ane mau tanya, ntuh speker depan berapa inch sih om? 5,5' atau 6' om. soalnya ane belum pernah bongkar2 tuh doortrim sejak taun kemarin punya Aerio om. sama yg belakanya juga om klu tau ukuran. terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. waduh ga ngukur tadi om

    kalo dilihat2 lagi dari fotonya sepertinya sih ukurannya sama dengan ukuran lubang2 speaker yang ada di doortrim. diukur dari sana aja om.

    kalo mau lebih pasti, praktekin aja om cara di atas hehehehe

    BalasHapus
  3. nice post bos singachu..

    klo boleh sekalian review bagian karet kaca yang suka bikin baret yg mana ya??

    thx ya...

    BalasHapus
  4. sudah nemu ya di http://otodiy.blogspot.com/2010/01/diy-potong-weatherstrip-untuk-atasi.html :)

    regards,
    singachu

    BalasHapus
  5. bos, yang pas ngecongkel cover plastik handel pintu pake obeng minus emang susah banget ya?

    sy nyobain susah.. udah kebuka dikit, tapi pas mo ditarik keras takut potong..

    BalasHapus
  6. Gampang kok, kalo baru pertama kali buka mungkin sedikit keras, pastiin aja jangan sampe bagian yang nempel ke trim ikutan kecongkel, kalo ikut dicongkel ya pasti susah.

    regards,
    singachu

    BalasHapus
  7. sorry om...
    itu lem/sealer yg hitam kaya aspal untuk nempelin plastik di doortrim apa namanya om ?
    & nyarinya dimana, punya gue sudah ga lengket.
    thanks.

    BalasHapus

Posting Komentar

popular posts in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF