Minggu, 29 Agustus 2010

DIY : memperbaiki dudukan foglamp yang patah

Hari ini sewaktu cuci mobil, eh kok melihat foglamp kiri terlihat "lemes".... Hmmm sepertinya ada dudukan yang patah, foglamp jadi mudah ditekan masuk bahkan jari pun bisa masuk ke sela-sela bumper dan foglamp (gambar 1).


gambar 1

Setelah ada waktu untuk pengecekan, Newbie coba periksa kondisinya dengan melepaskan bumper terlebih dahulu.Dilanjutkan dengan melepas socket kelistrikan foglamp :


gambar 2


gambar 3

Ternyata memang benar dudukan foglamp ke bumper ada yang patah, dari empat dudukan yang ada 2 plastik dudukan sudah patah sama sekali, 1 dudukan sudah hampir lepas juga, sisa 1 yang masih menahan foglamp tidak terjatuh. Bahkan foglamp sebelah kanan pun ada 1 dudukan yang mulai retak.

.
gambar 4

gambar 5

gambar 6

gambar 7

gambar 8

Foglamp dilepas dari bumper dengan melepas sekrup sebanyak 4 buah untuk memudahkan pengeleman. Bersihkan area yang hendak di lem agar lem dapat menempel sempurna.

gambar 9

Dengan menggunakan lem epoxy Dextone Plastic Steel dicoba untuk menempelkan kembali, menghabiskan lebih dari setengah tube, jangan pelit untuk penggunaan lemnya, lem agak tebal dilakukan untuk memperkuat penempelan.

gambar 10

gambar 11

gambar 12

Setelah cukup kering, pasang kembali foglamp.... ternyata dudukan agak kurang presisi sehingga sedikit memaksa pemasangan sekrup.. Lakukan pemeriksaan dan penambahan olesan lem agar makin kuat.

gambar 13

gambar 14

gambar 15

gambar 16

Hasilnya foglamp cukup rapat dan tidak ada celah lagi dengan bumper. Foglamp terasa cukup kokoh padahal pengeleman tidak terlalu lama ditunggu. Seharusnya bila waktu memungkinan ada baiknya dibiarkan dengan posisi foglamp menghadap ke bawah selama semalaman agar lem benar-benar kering sempurna.

gambar 17

Tambahan foto, sekalian diambil sewaktu lepas foglamp. Berikut adalah Baut untuk menyetel arah sorotan Foglamp :

gambar 18

gambar 19

gambar 20

Hmmm, melihat posisinya (gambar 20) berarti bila baut diputar searah jarum jam akan menarik foglamp untuk menunduk yang artinya pancaran sinar semakin dekat. Putar berlawanan jarum jam agar pancaran sinar semakin jauh.
Di bumper bagian bawah terdapat lubang / coakan untuk mengakses baut setelan foglamp dari bawah, sehingga untuk melakukan penyetelan tidak perlu melepas bumper (gambar 21).

gambar 21

Sekalian foto untuk kaitan grill ke bumper, hanya beberapa sekrup di bagian atas dan kaitan di bagian bawah dari grill. Setelah bumper terpasang newbie lihat kalau tangan masih cukup masuk ke sela-sela kondensor untuk menjangkau ke sekrup-sekrup tersebut, sepertinya dimungkinkan melepas grill tanpa melepas bumper.

gambar 22

gambar 23

Tes nyala foglamp..... sip :)

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar