Sabtu, 05 Desember 2009

DIY : buka bumper Aerio / Next G


Berawal dari tangan gatal untuk mindahin posisi klakson yang terlihat dari depan/luar. Hmmm sekalian aja deh ambil foto-foto untuk ditaro di blog.



gambar 01. klakson biang kerok buka bumper

Tools :
  • Obeng plus / philip
  • Obeng minus
  • Kunci 10
  • alas untuk meletakkan bumper, bisa koran atau kain atau kardus atau apapun tidak bikin baret
  • wadah untuk baut/sekrup yang dilepas agar tidak berceceran
Baca dulu secara berurutan tulisan berikut dan tidak perlu bingung kaitan antar bagian, karena di bagian bawah terdapat rangkuman step-step pengerjaan.


Ini daftar pengunci bumper :
  • Total baut dengan kunci 10 di bagian bawah bumper ada 4 buah (2 kiri , 2 kanan )
  • Total sekrup dengan obeng plus di bagian bawah bumper ada 4 buah (2 kiri, 2 kanan)
  • Total sekrup bumper ke fender 2 buah (1 kiri, 1 kanan)
  • Total Paku plastik 2 buah (1 kiri, 1 kanan)
  • Total baut dengan kunci 10 di bagian atas bumper ada 4 buah (2 kiri, 2 kanan)
  • Total pengunci / kaitan bumper bagian atas ada 2 buah (1 kiri, 1 kanan)

2 baut di bawah sisi kiri dan kanan terlihat pada gambar dengan lingkaran merah terlihat di gambar 2 di bawah ini. Untuk lingkaran warna kuning tidak perlu dilepas.

 
gambar 2


1 buah baut lagi di sisi kiri (passenger) terlihat di gambar 3, juga terlihat 1 buah sekrup terlihat di sisi kiri. Perhatikan juga gambar 4, difoto dari samping. Terdapat juga di sisi kanan (driver)


 
gambar 3

 
gambar 4

Gambar 5 menunjukan sekrup terakhir di bagian bawah, letaknya dekat dengan roda di sisi kanan (driver). Lakukan juga di sisi kiri (pasanger)
 
Gambar 5

Jadi sudah lengkap untuk bagian bawah, total ada 4 baut dan 4 sekrup.

Berikutnya adalah sekrup yang menghubungkan ujung bumper ke fender. Gambar 6 adalah sisi kanan (driver) untuk melepasnya perlu obeng dari arah bawah, bila obeng anda mentok ke roda bisa diakali dengan mendongkraknya agar jarak roda menjauh, cara lain dengan membelokan roda, jadi tidak perlu lepas roda. Kebetulan obeng saya tidak terlalu panjang jadi tanpa perlu dongkrak atau membelokkan roda.




Gambar 6


Gambar 7 menunjukan posisi paku plastik yang mengikat dak cipratan lumpur ke bumper. Terlihat juga bulatan kuning, di sana bekas bodykit yang kebetulan saya simpan dan tidak saya pasang; bila punya anda terdapat bodykit, silahkan melepasnya.




Gambar 7

Untuk membuka paku plastik tersebut tinggal dicongkel bagian tengahnya dengan obeng minus seperti terlihat pada gambar 8. Berikutnya tinggal ditarik dengan tangan. Untuk mendapatkan gambaran seperti apa paku plastik tersebut dalam posisi dicongkel (tidak terkunci) silahkan melihat gambar 10, sedangkan gambar  9 menunjukan paku plastik kondisi terkunci - terlihat plastik menggembung pada posisi terkunci.


Gambar 8




Gambar 9

 
Gambar 10

Sekarang untuk bagian atas. Di bagian atas terdapat 2 buah baut di sisi driver (gambar 11) dan 2 buah lagi di sisi passenger. Terdapat juga kaitan bumper ke besi depan, cara bukanya tinggal diangkat (gambar 12)



gambar 11




gambar 12

Di gambar 13 dan 14, terlihat bumper samping sudah dilepas perhatikan penyangga dari plastik berwarna putih, dan juga letak sekrup yang menghubungkan bumper ke fender (bandingkan dengan gambar 6). Untuk melepas bumper dari dudukan plastik penyangga, perlu diangkat ke atas dulu sedikit, lihat di sana ada "coakan" yang menahan bumper terlepas ke bawah.


Gambar 13





Gambar 14

Gambar 15 menunjukan besi yang ujungnya menyangga bumper juga. Perhatikan awalnya karena pada saat pemasangan kembali silahkan dipaskan lagi.



Gambar 15

Gambar 16 menunjukkan soket putih untuk kabel foglamp, perlu dilepas agar bumper dapat dilepas sempurna.



Gambar 16

Gambar 17, bumper saya lepas tetapi saya tahan-kan ke besi melintang di depan, dengan demikian saya bisa ambil foto-foto seperti terlihat di gambar 13 s/d 16. Terlihat juga di gambar 17 lingkaran-lingkaran merah yang adalah dudukan baut/sekrup yang ada di bawah.



Gambar 17

Gambar 18 dan 19 juga memperlihatkan posisi bumper "setengah terlepas" karena saya dudukan ke besi melintang.



Gambar 18




Gambar 19

OK, sekarang kita rangkum step-step melepas bumper :
  • Letakkan alas di bawah bumper
  • Buka semua baut di bawah (total 4) dan semua sekrup di bawah (total 4)
  • Buka paku plastik (total 2)
  • Buka sekrup yang ke fender (total 2)
  • Buka baut yang ada di atas (total 4)
  • Angkat sedikit ujung bumper yang menempel di fender kemudian tarik sedikit ke luar agar terlepas dari dudukannya (ingat gambar 13 & 14); lakukan sisi kanan dan kiri
  • Angkat pengait yang ada di atas bumper (gambar 12) dan tarik ke depan perlahan, ada baiknya disangga dulu di besi melintang seperti di gambar 17, 18 dan 19 agar bumper tidak langsung terlepas.
  • Buka soket listrik kabel foglamp.
  • Untuk mengembalikan tinggal kebalikannya, perhatikan besi yang menyangga bumper untuk memudahkan memasang, jangan dipaksa masuk !
regards,
singachu

Comments
2 plus+

2 comments :

Poskan Komentar