Minggu, 08 Agustus 2010

Pengalaman busi patah

Benar-benar pengalaman yang membuat dag dig dug. Sewaktu newbie mau melepas busi, newbie dapati keempat busi yang terpasang tidak dapat dibuka, bahkan kunci shock bawaan Aerio sampai slek.

gambar 1 - busi yang patah


Newbie coba pinjam kunci busi teman, beli kunci busi baru, pinjam kunci busi swift semuanya kurang kuat.

gambar 2 - kunci-kunci busi

gambar 3 - kunci busi bawaan yang slek

Newbie sudah coba merendam busi dengan penetran, carb cleaner bahkan semalaman tapi tetap keempat busi tidak bergerak sama sekali.

gambar 4
Newbie coba beli kunci busi model deep sok karena lebih kuat dan gagang bisa diperpanjang untuk menguatkan tenaga putar untuk membuka busi.

Setelah kunci busi model sok datang, newbie langsung coba ditambah dengan pipa agar kuat untuk memutar....
busi no 1 : cukup keras tapi akhirnya terbuka
busi no 2 : lebih keras, newbie lebih kuatkan tenaga, tak....waduh, untung terbuka
busi no 3 : gagal
busi no 4 : seperti no 2, tak.... jantung dag dig dug, lolos
kembali ke busi no 3, newbie coba semprot-semprot carb cleaner kembali dan terus coba, tak..... wah kok mudah dicabut, aduh ternyata busi patah :(

Newbie coba telp Pak Wowok, pemilik bengkel XTRAC di Sidosermo, hmmm kemungkinan terburuk adalah turun 1/2 mesin, tapi akan dicoba dulu dengan screw extractor.

Sabtu pagi newbie bawa aerio dengan kondisi busi no 3 tidak terpasang ke bengkel, suaranya seperti mesin perahu tempel. Dan newbie tinggal karena ada urusan lain. Siang hari pak Wowok menelpon dan memberi kabar kalau busi sudah dapat dilepas. Selamat tidak jadi buka mesin... Dan ternyata untuk melepas pecahan busi dengan screw extractor, tidak cukup dengan pipa yang dipanjangkan dan tenaga mekanik 1 orang, harus sampai 2 orang yang memutarnya. Fiuh kok bisa sampai perlu dua orang yah... menurut pak Wowok melihat kondisi busi yang ada, kemungkinan ada defect pada produksi busi, sedangkan posisi drat masih bagus tidak ada tanda-tanda kerusakan..

Hmmm lain kali lebih hati-hati dah untuk mengencangkan busi.

gambar 5 - busi silinder no 3 patah

gambar 6 - patah di sambungan

gambar 7 - bagian yang tertinggal

gambar 8 - bekas screw extractor

gambar 9 - pasangan pembuat dag dig dug

gambar 10

DC 200rb, sip-lah daripada turun 1/2 mesin, butuh tools yang tepat - kuat dan tenaga untuk membukanya. Thanks pak Wowok.

tambahan :
gambar 11 - sok busi yang dipanjangkan
Dengan kunci sok busi 16 mm, Newbie coba panjangkan agar tenaga putar semakin kuat. Berhasil untuk busi no 1, 2 dan 4, gagal untuk busi no 3. Semoga tidak pernah memakai kunci sok yang dipanjangkan seperti ini lagi.

gambar 11 - screw extractor dan Tap and Die Set

Newbie memiliki screw extractor dan handlenya bisa memakai handle Tap and Die set. Sayang ukuran terlalu kecil dan kurang dalam untuk melakukan DIY. Butuh alat yang lebih besar dan kuat untuk kasus yang newbie alami.
Scew Extractor bentuknya seperti sekrup runcing, tapi bedanya adalah arah drat/ulir yang berlawanan : semakin diputar ke kiri maka Screw Extractor akan semakin rapat, begitu rapat maka berikutnya Screw/baut/sekrup yang patah akan berputar ke kiri yang artinya sekrup tersebut akan terputar keluar.
Tap and Die Set merupakan alat untuk membuat ulir/drat, Tap untuk membuat ulir dalam seperti dijumpai pada mur, sedangkan Die untuk membuat ulir luar seperti dijumpai pada baut. Tap and Die Set disebut juga senai.

gambar 12 - screw extractor Sellery

gambar 13 - screw extractor Sellery

gambar 14 - dapat menggunakan handle Tap and Die Set

gambar 15 - Atas Screw Extractor, Bawah Tap

gambar 16 - Die terpasang pada handle

gambar 17 - Thread Pitch Gauge

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar