DIY : Ganti packing cylinder head cover dan seal busi Next G yang rembes

Gambar 1 - Rembesan dari cylinder head cover

Gambar 2 - "Bekas" Rembesan dari cylinder head cover

Setelah mendapati rembesan dari cylinder head cover dan juga bocor seal busi yang menyebabkan busi no 2 dan 3 terendam oli, maka newbie putuskan untuk segera membetulkannya. Packing set newbie beli di Sanwa Motor, packing yang baru ini versi yang menyatu antara packing cylinder head cover dengan seal busi, tapi asiknya harga malah lebih murah yaitu Rp 85.000,- Bandingkan dengan harga part di Beres seharga Rp136.000,- untuk 4 biji seal busi, belum termasuk packing cylinder head cover (gambar 27). Newbie sudah sempat membersihkan beberapa hari yang lalu untuk memastikan apakah rembesan tersebut adalah rembesan baru ato lama, dan ternyata rembesan baru.

Gambar 3 - Rembesan lagi

Gambar 4 - Bekas sealant dan rembesan

Gambar 5 - Rembesan di dekat fuel injector

Gambar 6 - Rembesan dekat CMP Sensor

Gambar 7 - Rembesan dekat lubang dipstick

Tools :
kunci no 10 mm dan 12 mm
packing set baru
sealant
lap / tissue

Step-step :
1. Buka cover plastik

2. Buka koil, busi ga usah dibuka.

3. buka filter udara untuk memudahkan akses

4. Lepas selang breather dan cabut PCV Valve, jangan lupa cabut dipstick

Gambar 8 - Siap dibuka

5. Lepas baut sebanyak 7 buah dengan kunci no 10 mm dengan urutan sesuai gambar berikut dari "1"(a) sampai "7"(a) :
Gambar 9 - Urutan buka baut "1"(a) sampai "7"(a)

6. Tarik cover ke atas, hati-hati untuk melewati selang AC dan selang Power Steering, juga hati-hati melewati timing chain.

Gambar 10 - Cylinder Cover Head dilepas

Hmmm packing tertinggal padahal seharusnya menempel pada cover, bahkan jadi patah/sobek waktu dicoba lepas. Nampak seal busi masih menempel pada cover (gambar 11).

Gambar 11 - Cover Cylinder Head

Gambar 12 - Pasangan sensor CMP pada camshaft IN

Gambar 13 - Pasangan sensor CMP

Gambar 14 - Timing chain

Gambar 15 - Rotor VVT

7. Bersihkan permukaan pertemuan pada mesin. Sebaiknya membersihkan dengan menggosok dari dalam ke luar agar kotoran tidak jatuh ke dalam. Bersihkan juga cover headnya.

8. Apply sealant pada "got" tempat packing untuk menjaga packing tetap menempel waktu head cover dibalik untuk dipasang. Pasang packing pada cylinder head cover.

Gambar 16 - Packing baru terpasang

9. Jangan lupa apply sealant pada "bundaran" karet pada packing dengan posisi seperti nampak di gambar 17 berikut
Gambar 17 - Apply sealant di karet bundar

10. Apply juga sealant pada pertemuan timing cover seperti tampak pada gambar 18 dan 19
Gambar 18 - Apply sealant pada timing cover (A)

Gambar 19 - Sealant pada pertemuan timing cover

11. Pasang Timing Cover secara hati-hati, pastikan seal busi dan packing tidak terlepas dan bisa pas pada tempatnya.

12. Pasang 7 buah baut dan putar perlahan-lahan secara bergantian sesuai urutan pada gambar 9. Putar baut perlahan-lahan bergantian agar tekanan cylinder head cover dapat rata. Kencangkan dengan momen 8 Newton meter atau 0.8 Kg-m.

Gambar 20 - terpasang

Gambar 21 - terpasang

Gambar 22 - terpasang

Gambar 23 - terpasang

13. Bersihkan kelebihan sealant. Newbie kasi tadi mayan banyak jadinya banyak lebihannya.... warna merah kelihatan kurang rapi dilihat. Berikutnya cuci dan amatin perkembangannya.

14. Kembalikan selang breather, PCV Valve, dipstick dan filter box, pasang cover plastik.

15. Done


Gambar 24 - Packing dan seal busi bekas

Gambar 25 - Getas dan patah

Gambar 26 - Seal busi kenyal, packing keras

Gambar 27 - Nota sejarah perawatan tahun lalu

Dari nota terlihat pernah dilakukan penggantian seal busi pada 24 April 2010 lalu, sepertinya packing tidak ikut diganti makanya packing terasa keras dibanding seal busi (gambar 26) bahkan patah waktu ditarik (gambar 25). Yang heran adalah seal busi yang masih bagus tetapi ternyata tetap rembes pada busi.
Note : Newbie tidak bermaksud buruk / menjelekan BERES, hanya sekedar sharing dari sejarah Baleno Next G yang baru saja newbie beli.

regards,
singachu

Comments

  1. sangat butuh bantuan aerio 2003 aneh selang radiator lepas mulu... kira2 knp ya? gasket cyl head nya kah? 😫

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek ada gelembung ga dari mulut radiator ?
      yang lepas selang bawah atau atas ?
      radiator udah coba dibersihkan ?
      pakai selant di selang ?
      udah coba ganti klem ?

      Delete
  2. Pengalaman saya itu radiator masuk angin bos, jadi selang intek lepas terus

    ReplyDelete
  3. Apa KH pikir kop pengarung pada kompres

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan cover cylinder cop ya, tapi cylinder head yang bisa efek ke kompresi bocor. bisa cyl head nya melenting atau dari packingnya

      Delete
  4. Makasih atas blognya...sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
  5. Mau tanya bos.cara membuka seal busi ato oring busi ginana ya xenia 1,0 kan kofernya dikeling

    ReplyDelete
  6. Om singa chu, itu seal busi pada gmbar 16 kan ada yg panjang penyambung antar seal busi. Sedangkan pada gmbar 11 ga ada. Apa perlu di potong atau biarkan saja. Trims AIC546 #BRADER

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu dipotong. Yang seal busi pisah2 itu part lama, beli terpisah dengan packing cover cyl head. Kalau part yang baru sudah renceng sambung semua. Jadi ganti sekaligus semuanya dengan yang baru.

      Delete
  7. Sel busi apakah harus di kasi lem juga ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seebenernya ga, cuman biar ga bantu aja biar ga jatuh pas dibalik

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Troubleshoot extra fan AC tidak berputar, bersihkan ECT sensor dan test fan radiator {Reynaldo PS}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Center Ring, Kegunaan, dampak keselamatan dan Pemakaian di Innova {Gamawijaya}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}