DIY : membuka busi stuck / macet pada Next G
Gambar 1 - Tools yang dipakai
Gambar 2 - Closed up Shock dan kunci torsi
Pagi ini newbie dihadapkan pada busi Baleno Next G yang keras banget. Wah jadi takut pengalaman dulu terulang nih, busi patah euy.....bener-bener nightmare deh. Mekanik pake tenaga apaan seh buat ngencengin busi :(
Dengan nambahin tenaga terbuka juga busi no 2. Hmmm belepotan oli, oil seal rembes nih padahal baru setahun yang lalu pernah dibenerin di BERES. Buka busi no 1 kebuka juga, yang ini kering. Buka busi no 3 dan 4 macet. Huaaahhhhh serem kalo patah. Siap-siap kerja ajah daripada kepikiran busi patah kebawa ke kantor.
Gambar 3 - Busi no 2 beroli
Gambar 4 - Busi no 2 beroli
Gambar 5 - Busi no 1 kering
Pulang kantor timbul ide pakai kunci torsi, karena dengan kunci torsi gua bisa ukur berapa gede tenaga yang sedang diapply buat muter busi. Planning sih newbie ga akan lanjutkan kalo jarum udah menunjuk angka 100 Newton.meter aka 10 Kg-f.
Buka busi no 3, terbuka pada 4 kgf.....fiuh.... Buka busi no 4, ga kebuka euy... ganti posisi yang enak tekan terus 5 kgf ga kebuka juga tambah di kisaran 7 kgf baru deh kebuka...... Thanks God ga patah businya.....
Tampak di gambar 1 adalah tools yang newbie pakai, kunci torsi cukup panjang sekitar 50 cm jadi memudahkan untuk apply tenaga. Pada gambar 2 closed up kunci sok 16mm panjang yang bisa untuk buka busi, kunci sok ini berbahan baik sehingga tidak slek waktu di apply tenaga gede buat muter, pada kunci busi bawaan tool set mobil akan slek sebelum busi berputar (pengalaman yang lalu). Nampak juga meteran pada kunci torsi manual, sewaktu kunci torsi diputar jarum akan menunjuk pada angka meteran untuk besarnya tenaga putaran.
Berikutnya langsung deh pasang satu set busi baru daripada resiko, kondisi busi yang lama udah jelek juga. Ternyata busi no 3 juga kerendem oli meski ga separah no 2.
Gambar 6 - Busi lama
Next kudu benerin rembesan nih.
regards,
singachu