DIY : lepas console tengah, handle tuas transmisi, setel handrem via console tengah
Tools :
Tangan
Obeng Plus
Kunci 10mm (ring atau pas)
Step - step :
Pastiin mobil tidak menggelinding kalau handrem dilepas, bisa dengan ganjal roda / masukin transmisi ke gigi 1.
Tarik/Angkat pakai tangan dari belakang
Terus cabut sampai ke tengah, belakang tuas transmisi
Tarik lepas ke atas melalui tuas handrem, kalem aja ga perlu dipaksa.
Terlepas deh 1 panel :)
{untuk setel handrem saja, skip step ini; lansung ke gambar no 12}
Angkat plastik bagian belakang tuas transmisi
{untuk setel handrem saja, skip step ini}
{untuk setel handrem saja, skip step ini}
Ini yang dilingkari merah adalah bushing dan clip shift yang dulu sempat ada recall. Baca sini soal recall clip shift.
{untuk setel handrem saja, skip step ini}
{untuk setel handrem saja, skip step ini}
Angkat sisi belakang dan ganjal (terserah kalau mau dilepas juga).
regards,
singachu
Tangan
Obeng Plus
Kunci 10mm (ring atau pas)
Step - step :
Pastiin mobil tidak menggelinding kalau handrem dilepas, bisa dengan ganjal roda / masukin transmisi ke gigi 1.
Tarik/Angkat pakai tangan dari belakang
gambar 1 - angkat pakai tangan
Terus cabut sampai ke tengah, belakang tuas transmisi
gambar 2 - tersambung sampai ke sini
Tarik lepas ke atas melalui tuas handrem, kalem aja ga perlu dipaksa.
gambar 3 - tarik ke atas melalui handrem / rem tangan / handbrake
Terlepas deh 1 panel :)
{untuk setel handrem saja, skip step ini; lansung ke gambar no 12}
Lanjut untuk putar handle shifter / tuas transmisi, putar berlawanan jarum jam untuk melepas. Kalau awal pasti seret, sekarang sih newbie bisa putar pakai 1 tangan aja, bukan berarti oblak ya :D
gambar 4 - putar berlawanan arah jarum jam
gambar 5 - terlepas sudah
Angkat plastik bagian belakang tuas transmisi
gambar 6 - tarik ke atas
Nah bakalan ketahan ama kain pembungkus tuas transmisi, tarik aja ke atas untuk melepaskan, tapi ga dilepaspun bisa dipinggirkan kok.
gambar 7 - cincin pemegang kain pembungkus tuas
{untuk setel handrem saja, skip step ini}
Kliatan deh, ntuh di tuas ada plastik mangkok untuk pentolan tuas, di foto terlihat kuning-kuning karena dulu newbie kasi grease biar mengurangi keausan plastiknya, ama biar lebih lancar dikit.
gambar 8 - Trondol sisi atas
{untuk setel handrem saja, skip step ini}
Ini yang dilingkari merah adalah bushing dan clip shift yang dulu sempat ada recall. Baca sini soal recall clip shift.
gambar 9 - bushing dan clip shift untuk gerakan maju mundur tuas
{untuk setel handrem saja, skip step ini}
Kalo yang ini untuk bushing gerakan tuas transmisi ke kanan kiri
gambar 10 - bushing gerakan kanan dan kiri
{untuk setel handrem saja, skip step ini}
Gambar 11 adalah batang menuju ke transmisi di ruang mesin, lingkaran merah kiri akan bergerak kalau tuas digeser kanan kiri, lingkaran kuning bergerak kalau tuas digeser maju mundur. Newbie kasi grease juga di sana.
gambar 11 - menuju ke transmisi
Untuk setel handrem, lebih enak console dibuka lagi biar lebih gampang ngejangkaunya, buka 2 sekrup di gambar 12 (bawahnya lubang botol minuman - depannya asbak rokok belakang)
gambar 12 - 2 sekrup di belakang console
Lepas juga sebuah sekrup di tengah console. (belakang kiri dari tuas transmisi)
gambar 13
Lepas juga sekrup di samping sisi supir dan penumpang (masing-masing satu).
gambar 14 - sekrup konsole samping depan sisi supir
Angkat sisi belakang dan ganjal (terserah kalau mau dilepas juga).
gambar 15 - angkat
Yang dilingkari merah berikut adalah mur untuk setel kencang / kendornya tarikan handrem. Putar searah jarum jam untuk mengencangkan rem, berlawanan untuk mengendorkan (dilihat dari sisi bangku belakang).
gambar 16 - mur untuk setel handrem
Gunakan kunci ring 10 mm untuk memutar. Ke kanan untuk mengencangkan.
gambar 17 - putar untuk setel handrem
Silahkan test ketinggian remnya, hitung dari jumlah klik juga bisa. Kembalikan console dengan langkah kebalikan langkah melepasnya. Done.
regards,
singachu