Selasa, 14 Februari 2012

DIY : test tegangan aki dan test kondisi cell aki

Lanjutan test terdahulu, saat ini ditest saat aki berumur lebih dari 2 tahun 8 bulan. Kondisi aki pernah hampir kehabisan air (di bawah low) karena kesibukan jadi tidak sempat ngurusin mobil :( Aki saat ini tidak bisa mempertahankan voltasenya / setrumnya 100%. Untuk start mesin masih bisa meskipun tidak setokcer saat awal.
Newbie coba charge setelahnya membiarkan semalaman. Pagi harinya newbie test tegangan menunjukkan angka di atas 12.6 Volt, hmmm voltase palsu nih, coba newbie nyalakan headlamp dan foglamp sebentar kemudian mematikan dan mengukur voltasenya, voltase berangsur naik sampai maximal di angka 12.45 Volt saja (gambar 1)

 gambar 1 - Voltase tidak 100%

 gambar 2 - Cell 1 di putih mendekati merah


 gambar 3 - Cell 1 di putih mendekati merah
 gambar 4 - Cell 2 mendingan dikit
 gambar 5 - Cell 2 mendingan dikit
 gambar 6 - Cell 3 tetap di putih
 gambar 7 - Cell 3 tetap di putih
 gambar 8 - Cell 4 menyentuh area hijau
 gambar 9 - Cell 4 menyentuh area hijau
 gambar 10 - Cell 5 di area putih
 gambar 11 - Cell 5 di area putih
 gambar 12 - Cell 6 di area putih
gambar 13 - Cell 6 di area putih

Dari kondisi Specific Gravity kesemua cell secara umum ada di area putih, cell no 4 adalah yang terbaik dan cell no 1 adalah yang terburuk. Secara keseluruhan semua cell mulai mengalami penurunan daya simpan karena terjadi sulfatasi pada cell akinya.

 gambar 14 - Tanggal pembelian dan usia aki terpasang

gambar 15 - Keesokannya menjelang sore diukur

Hampir 30 jam berikutnya diukur lagi ternyata kembali terjadi penurunan voltase aki dari 12.45 ke 12.39 volt. Kondisi mesin tidak menyala sama sekali jadi tidak ada listrik masuk, pemakaian listrik dari lampu kabin dan alarm yang beberapa kali dibuka tutup.

Hmmm sepertinya susah mencapai 4 tahun kalo kondisi seperti ini

regards,
singachu

Comments
2 plus+

2 comments :

Poskan Komentar