Rabu, 06 Juni 2012

DIY : {kijangtua} pasang ekstention antena alarm untuk menguatkan sinyal remote


sumber: kaskus
met pagi semua... pengen bikin otodiy nih tentang alarm... masalahnya alarm gw kadang gak mau respon kalo gw pencet2 dari luar.. apalagi dari jarak jauh samasekali jangan diharapkan dah..

padahal kondisi baterai baru dan pcb remote dah gw bersihin.. tapi tetep aja lemot... pertama2 gw analisa dulu, gw masuk ke mobil, tutup pintunya trus aktifkan alarm dan ternyata mau respon.... trus gw keluar mobil jarak 2 meter kaca ketutup semua gak mau respon... hmm.. jangan2 sinyal dari remote gak ketangkap ama antena modul alarm...

ini alarm umurnya waktu itu ada kali 8 taon, cuma alarm murahan buatan cungkok merek type R... nih penampakan remote alarmnya...
gambar 1 - remote

sebetulnya kalo gw ganti sih bisa aja dan gak mahal kok, untuk alarm sekelas itu paling 300rb-an... cuma gw penasaran aja nih.. jadi gw akalin

pertama liat dan pelajari manual book nya, disana ada diagram wiringnya... cari kabel antena-nya... ditulis antena of high hain...
gambar 2 - manual

gambar 3 - wiring diagram

kemudian saatnya bongkar2 cukup sediain alat2nya...
- obeng minus
- isolasi listrik
- kabel tunggal yang tipis aja (bukan yang serabut)... gw pakenya kabel bekas telepon rumah, kan ada tuh kabel telepon yang warna abu2, isinya ada 2 kabel putih dan hitam, nah gw ambil yg warna hitamnya biar gak mencolok warnanya... panjangnya sesuaikan dengan kebutuhan aja... mungkin 1-2 meter cukup...

selanjutnya lepasin dulu sekrup yang terpasang di dek dibawah setir, kemudian tarik aja deknya... dah pada tau kali yak??

cari modul/kotak alarmnya.. yang gw warnanya hitam.. kemudian cari dimana kabel antena-nya.. kalo yg gw kabel antena itu dibiarin nganggur aja di taroh di bawah kolom setir, ato ada juga yang di deket2in ke kaca depan
gambar 4

cari ujungnya kabel antena dan sambung dengan kabel tambahan dan di isolasi biar rapih...
gambar 5

trus sembunyikan kabel itu supaya jangan sampai keliatan mata... jalur yang gw tempuh adalah deket tarikan tuas kap mesin, masukin ke dek plastik yang deket kaki kanan, trus masukin/ jepit ke dalam karet pintu dan trus diulur ngikutin jalur karet pintu dan berakhir di ujung pilar A deket kaca depan... nah disitu gw tongolin dikit dah kabelnya... dan ujungnya gw selipin ke kaca depan biar rapih...
 gambar 6
 gambar 7
gambar 8
hasilnya gw puwaasss banget.. sampe sekarang gak ada masalah samasekali... bahkan dari jarak 15 meter masih respon alarmnya... tuiiit-tuiiit...

sori kalo foto2nya gak jelas...

terima kasih... 

by kijangtua

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar