Senin, 15 Oktober 2012

DIY : {wawan5361} Repair Cylinder Head Jimny yang keropos

sumber : kaskus

cylinder head keropos...
sharing pengalaman nih gan, minggu lalu jimun saya ngadat waktu
di daerah peg.dieng bag barat, jadi kerja gak maksimal mikirin nih gerobak, gejalanya , radiator selalu meluap ke reservoir,tiap jalan 1 jam air di reservoir dah penuh,sampe ganti cap radiator 3 kali tetap sama, baca-baca di mbah google dan tanya benkelers itu karena gasket cylinder head terbakar, dan kompresi bocor ke sistem pendingin, saya cek di reservoir diganti pake botol air kemasan terlihat gelembung-gelembung udara keluar dari selang reservoir itu...wah..wah bakalan ribet nih pikir ane...
akhirnya gerobak saya tinggal di kampung di tengah hutan petungkriono,
satu minggu...,setelah kerjaan selesai,mikirin bawa pulang ni gerobak ke jogja, akhirnya nekat aja, tiap satu jam berenti cek air radiator, untungnya
cuaca bersahabat banget, hujan sepanjang perjalanan dari pekalongan
sampe magelang...jadi adem deh radiator.. sampe jogja....siapin peralatan dan doa-doa...ha..ha..akhirnya saya bongkar sendiri tuh mesin, baca-baca disini untuk panduannya..
maklum newbie...bongkar cylinder head dari jam 2 siang sampe malam ha..ha..
setelah bisa di bongkar ternyata cylinder headnya udah parah banget
sperti ini nih...

gambar 1 - cylinder head kropos:

sambil cari inpo mbenerin cylinderheadnya, beli baru ato second gak mungkin karena lagi bokek.. tanya sanasini, bengkelers dan sopir angkot di kampung yang pake mesin F10A, ternyata ada solusi cylinder head bisa di perbaiki lagi, dengan cara di cor ulang/bagian atasnya itu trus dibikin lubang-lagi..wah..wah..smakin mumez ndate iki.. agak gak percaya sih bisa dibaikin seperti itu...tapi dari denger testimoni bengkelers dan sopir angkot itu saya ikutin tuh sarannya.. tau sendiri kan angkot di kampung itu kayak apa ha..ha..powerfull..angkut apaaja ayoh ae..
nah sampe disini yang bisa perbaiki cylinder head dimana?ternyata harus
ke solo, di palur tempatnya, nama bengkelnya Rakimin, meluncur deh kesana
...wooooo ternyata disana..sudah antri tuh orang bawa cylindr head..blok mesin..pelek, dll... sempet saya tungguin tuh cara kerjanya gmana, jadi cylinder head di bersihin...trus disiapin bahan2 untuk bikin cor alumuniumnya..yaitu pake piston2 bekas yang di lelehin pake las karbit...wouuuuuzzzzzz...trus di tuang ke cylinder head yang kropos itu masih pake las juga...kemudian setelah tertutup kira-kira tebalnya itu jadi kurang lebih 0.5-1cm,kecuali di tempat klep itu tidak di tutup cor alumunium..
singkatnya dirapikan kemudian di papas pake mesin...
gambar 2 - cylinder head lagi di kerjain


dan di lubangin lagi
sesuai dengan lubang gasketnya...dan jadinya seperti ini...
gambar 3 -  waoooow...cylinder head baru:

sperti baru.....ongkos berapa???560rb!!!....tapi gimana performance nanti...???masih agak kurang yakin...kembali sopir2 angkot itu kasih cerita..
..intine..koyo anyar meneh mas ...ha..ha..

jadi.. balik..ke jogja dan pasang lagi..sekalian mumpung bongkar cylinder headcek smua mesin...turun tuh mesin akhirnya di pretelin dadi sak ratan..ha..ha bingung juga..mo di taruh mana jeroan gerobak..

finally, hari ini,setelah opname 5 hari, gerobak dah jalan bisa nganter mbok wedok jualan di minggu pagi ugm,he..he..total biaya abis 1,5jt an..termasuk ongkos wira-wiri jogja - palur 2 hari,part yang saya ganti sekalian, ring piston, timing belt,tensioner, smua gasket,ganti oli,kelep 3 biji,skir klep,baut2 yang di cylinder head yang dol di ganti smua.. dan gerobak...siap lagi kembali ke hutan..he..he..

mana nih om ison yang punya hutan pekalongan..kok gak pernah muncul lagi..
maap beribu maap om kemaren ane lagi ngejar2 monyet di hutan jadi gak ktemu kita..

salam hangat jimkuser 

by wawan5361

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar