DIY : Ganti batere dan resynchronize remote Alarm Aerio

 gambar 1 - Baterai Energizer A23 bekas

Setelah penggantian battery remote Alarm setahun lalu, ternyata remote Aerio kembali tidak mau dipakai untuk buka-tutup pintu padahal indikator LED merah di remotenya masih menyala cukup terang. Beberapa cara seperti reset alarm, cabut negatif aki, buka dan bersihkan remote sudah dilakukan tetapi tetap tidak mau juga. Mau ganti baterainya tapi cadangan baterai di rumah dicari-cari tidak ketemu juga sampai terpaksa pakai anak kunci untuk buka tutup pintu selama kurang lebih 3 mingguan.
Sewaktu ke Giant Waru dibelilah Energizer A23 seharga 11rb lebih, agak mahal tapi ya sudah lah mumpung inget dan sempet. Setelah sampai rumah test pasang di remote, warna LED di remote kurang lebih saja dengan sebelum ganti. Test buka / tutup alarm, walah..... kok ndak bisa :(

Selanjutnya coba pencet 2 tombol open dan close di remote secara barengan dan sebagainya tetep ndak bisa, walah masa rusak juga ini remote mesti dibawa ke CCAS untuk di resynchronize dengan unit alarm ?? Pasalnya dulu remote cadangan ga bisa konek ama alarm, sudah cari-cari cara di internet dan coba-coba tanpa ada yang berhasil.

Masih belum ingin menyerah, buka pintu masuk mobil. Masukkan anak kunci ke kontak dan putar ke ON. Pencet dan tahan tombol reset alarm, pencet-pencet tombol di alarm, open close open close eh tau-tau lampu hazzard berkedip tanda ada response. Cabut anak kunci dan test buka tutup pakai remote, wah berhasil..... Sip case closed kali ini. 
Penasaran ganti lagi pakai batere yang lama hasilnya alarm tidak mau hidup, berarti memang udah waktunya ganti baterai. Hmmm..... gimana dengan remote cadangan yang lama yah.....penasaran tapi lain waktu aja dah kalau pas sempet.
gambar 2 - Iseng bongkar baterai A23 bekas

Dulu sempet iseng-iseng buka baterai A23 karena di internet pernah baca isinya baterai kancing, dan ternyata bener (gambar 2) isinya ada 8 baterai kancing 1.5 volt yang tersusun seri menjadi 12 volt. Kalau pas butuh batere kancing dan darurat bisa juga tuh diambil, dengan harga batere A23 dapet 8 biji batere kancing, ndak tau mahal apa murah tuh ?

regards,
singachu

Comments

  1. letak tombol reset alarm itu dmn ya untuk baleno next g ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau alarm masih standard, di kiri bawah setir, kepala kudu ngelongok dikit ke bawah.

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Ganti kopling set matic Aerio yang sudah aus, jedug perpindahan gigi pun hilang {Erwin Berlian}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin