Rabu, 10 April 2013

Ganti deklaher penyebab bunyi saat kopling Next G diinjak {sinxa}

 gambar 1 - Part lama

sejak 2 minggu trakhir, nextG ane ada gejala aneh.
kalo nginjak kopling (mesin nyala), ada bunyi yg kira2 suaranya mirip kalo mobil jalan mundur.... kebayang kan maksud saya??
suara ini muncul setiap kali injak kopling walopun cm separuh ato dikit aja. jadi klo bru mo jalan kan setengah kopling, atau pas jalan macet, ato mo parkir, atau pas pindah gigi. dan kalo saya perhatikan suaranya ngikut ma RPM, bukan ma kecepatan roda.
kalo dari dalam kabin ga begitu jelas suaranya om.... tp kalo dari luar lumayan jelas. saya sering denger pas kalo lagi parkir, jendela di buka... tuh suara kan mantul dari tembok.
dah kucoba gigi netral, injak kopling, lepas, injak, lepas, suaranya ya muncul pas di injak sedalam setelah pedal lewat jarak bebasnya...
sementara itu aku gak nemu gejala perubahan performance, misalkan seperti kopling aus atau apa. mnurut saya masih bagus, dan blom brubah jarak makannya sejak aku beli 3thn yg lalu. oh iya... km hampir 70rb.
Di atas adalah keluhan awal.



 gambar 2 - Part baru
gambar 3 - pembalian part baru


akhirnya ane blanja deklaher merk NTN, skalian kampas kopling SGP dan matahari SGP. soalnya bengkelnya nyaranin skalian ganti...
total blanja 1jt 6rebu (dpt potongan) di suzuki motor mataram.
ongkos bengkelnya blom trmasuk, nanti kalo dah slese ane update lagi.



kalo alasannya soal kampas diganti, karna itu pernya udah kendor, katanya bikin ndut2an klo setengah kopling gitu.
kalo alasannya soal mataharinya diganti, biar injekan pedalnya enteng, katanya yg kmaren di coba koplingku keras, pdhl nurutku ya biasa aja...
dia juga dah cek pilotnya, katanya masih oke...



yg bikin bunyi sih katanya dreklahernya om...
tp emang dreklaher yg lama dilepas, diputer2 emang brisik banget. klo yg baru bner2 ga ada suaranya... jd agak bingung juga soalnya om singa bilang kalo bunyi pas di injak itu pilotnya. tp bengkelku bilang kalo pilotnya yg bikin bunyi itu justru pas di lepas bukan pas diinjak.

tp stlah aku pikir2, akhirnya diganti juga tuh pilot bearingnya om, tp terpaksa ga pake SGP soalnya belinya kudu di semarang. td di bengkel adanya merk koyo. dan aku cek pilotbearing yg lama trnyata merk NTN. brarti kmungkinan ini dah pernah ganti kopling set ya?? padahal km baru 68ribu. dan emang kampasnya masih tebel banget sih, hmpir ga bisa bedain tebelnya ma yg baru. nih mobil aku beli 3 thn yg lalu pas km 43ribuan.

ongpas abis 150rb. nambah pilotbearing KOYO 30rb.

hhmmm.... setelah kelar semua, baru nemu hasil googling di otodiy punya om singa, dan nyadar kalo kopling + mataharinya bukan jepun punya, tp lokal...

moga2 ga apa2....



kalo scara kasat mata, deklaher yg lama warnanya dah kuning, dan bener2 bunyi pas di puter mirip sprti bunyi yg aku curhatin kmaren. kalo pilotnya masih putih, dan seal karet ditengahnya juga masih merah warna karet. ku puter2 juga senyap om...

skdar konfirm ulang... pilot itu yg di tengah flywheel, lubang tengahnya seukuran jari kelingking... kalo deklaher kan agak gede, nempelnya di tuas kopling.


by sinxa
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar