Rabu, 10 April 2013

Penurunan efisiensi Internal Busi membuat konsumsi BBM jadi boros

 gambar 1 - Autolite 985

Autolite 985 pertama dipasang di Jan 2012, sewaktu troubleshoot drop vacuum. Setelah pemakaian hampir 15ribu Km, di Maret 2013 terasa konsumsi BBM terasa boros ketika 2 kali berturut-turut melakukan pengisian BBM, biasanya berkisar 1:12 menjadi 1:10 lebih. Tidak ada gejala penurunan performance atau gejala aneh lainnya, hanya pemakaian bensin yang biasanya bertahan 8-9 hari, menjadi lebih cepat.
Dari pengalaman dulu di sepeda motor juga pernah karena busi udah lama terus diganti baru dan konsumsi BBM kembali normal, maka tebakan pertama kali ini ada di efisiensi internal busi.
Maka per 27 Maret 2013 dilakukan pergantian busi, karena di rumah cuman ada stok busi NGK BKR 6E-11 maka diputuskan untuk mengganti dengan busi tersebut.
gambar 2 - Autolite 985 setelah dibuka
Penampakan busi saat itu (gambar 2) terlihat normal-normal saja dari segi fisik luar. Mirip-mirip aja dengan waktu difoto Juli 2012 lalu. Tapi newbie ada keyakinan internal busi ada efisiensinya sendiri. Setelah ganti busi malam harinya dilakukan pengisian bensin kembali.
gambar 2 - Autolite 985 (bekas) dan NGK BKR 6E-11 (bekas)

Hari sabtu 30 Maret 2013, malah newbie melakukan pergantian belt, saat itu karena sedikit bermasalah dengan setelan kekencangan belt AC yang kurang pas sampai berdecit, newbie sempat berkali-kali starter dan test mobil untuk mendapatkan setelan yang pas. Setelah itu sore hari pas mesin dingin juga sekalian ngebetulin selang radiator yang rembes, setelah itu melakukan proses bleeding. Kedua proses itu tentu mengkonsumsi BBM dalam kondisi mobil diam, sempet berpikir hmmm gimana ntar aku taunya kalau Fuel Consumption belum membaik apakah karena pergantian busi tidak menormalkan kembali atau gara-gara dua pekerjaan ini. Untungnya saat pengisan bensin kembali di 8 Maret 2013 konsumsi BBM kembali normal menjadi 1:12 meski ada pekerjaan ini, sehingga dengan mudah diambil kesimpulan bahwa busi penyebabnya. Pasalnya di rentang sejak ganti busi newbie tidak melakukan proses tune up atau bersih-bersih filter udara atau pekerjaan lain yang bisa mempengaruhi kinerja mesin selain ganti belt dan betulin selang yang rembes.

Kesimpulan newbie lebih yakin bahwa busi memang punya internal efisiensi yang bisa menurun seiring waktu / kilometer. Dalam kasus ini sekitar 15ribu KM / 14 bulan.


regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar