Rabu, 17 April 2013

Service bunyi gluduk saat lepas kopling - Part One {Mas Tangguh}

gambar 1 - Tersangka Gigi satelit di differential gear



Bro and Sis miliser AIC,

Penyakit awalnya Oreo MT saya bunyi "gluduk" saat lepas kopling. Suara "gluduk' nya lumayan keras dan koplingnya berat bikin betis keram. Saya bawa Oreo saya untuk General Check UP di Beres Suzuki Dewi Sartika, dan hasil diagnosa katanya kena As Roda Dalam dan As Intermediate nya udah aus, Engine Mounting Depan/Belakang juga harus ganti, Plat Kopling juga sudah tipis. 
Total estimasi biaya di Beres : Spare Part 8 jutaan + ongkos jasa 1,5 juta = 9,5 juta. Saya minta daftar spare part dan kode part nya yang harus diganti.
Saya penasaran dan ngecek lagi di bengkel atap di Atrium. Hasil diagnosanya hampir sama dengan Beres, tapi biaya spare partnya jauh lebih murah karena bisa beli di toko spare part. Biaya jasanya dipatok sekitar 1,2 jutaan.

Trus saya bawa daftar sparepart nya dan beli di Sentosa Motor, di Mall Atrium Lantai 5 dan di dapat harga sbb :

- As Roda Dalam (R)   : Rp. 730.000,-  (Japan)
- As Intermediate        : Rp. 540.000,-  (Japan)
- Bearing Intermediate : Rp. 260.000,-  (Japan)
- Mounting Depan       : Rp. 235.000,-  (Ori)
- Mounting Belakang   : Rp. 290.000,-  (Ori)
- Kopling Set              : Rp. 990.000,-  (Ori)
       
TOTAL                       : Rp. 3.045.000

Saya bawa spare part tsb ke bengkel Bang Erik di perumahan SBS Pondok Ungu, Bekasi, referensi dari teman. Setelah di cek dan dibongkar keliatan lah penyakitnya. Mounting udah retak, plat kopling tipis, namun As Roda Dalam dan As Intermediate ternyata masih bagus. Menurut diagnosa Bang Erik, sumber bunyi bukan dari As Roda tapi dari Gigi Satelit, atau bahasa katalognya Front Differential Gear.

gambar 2 - Front Engine Mounting
 gambar 3 - As Roda Kiri
gambar 5 - Plat kopling
Akhirnya karena Gigi Satelitnya blom beli, maka diganti sparepart yg sudah dibeli dahulu yaitu Kopling Set dan Engine Mounting. Setelah diganti kopling terasa enteng dan getaran mesin menjadi lebih halus. Namun karena Gigi Satelit nya belum diganti, maka penyakitnya yaitu bunyi "gluduk" saat melepas kopling masih belum hilang. Bang Erik janji akan pasangin Gigi Satelitnya sampai beres dengan ongkos jasa 600 ribu (all in) untuk ganti kopling set, engine mounting depan/belakang dan ganti gigi satelit.

Berhubung sparepart nya gak ada stock di Sentosa Motor, maka saya dipesankan Gigi Satelit tsb oleh Sentosa Motor ke Indomobil. Katanya kurang lebih semingguan baru ada tuh barang. Ya sudah, mau tak mau harus nunggu tuh sparepart dateng baru dipasang.
Trus As Roda, As Intermediate dan Bearing As yang tidak terpakai bisa dikembalikan duitnya 1,5 juta. 
Harga Gigi Satelit nya 1 set : Rp. 1.135.000,-, jadi masih dapet kembalian tuh duit.. hehehe...

Sementara segitu dulu sharing pengalaman bagian pertama dari saya. Selanjutnya ntar bagian keduanya disambung setelah gigi satelitnya udah ada dan sudah dipasang.

Thanks a lot..
--
Best Regards,
Mas Tangguh

Comments
0 Comments
Google+ :

0 comments:

Poskan Komentar