Copot ban dari velg dan diputar agar keausan ban lebih merata

 gambar 1 - proses pencopotan ban dari velg
Umur ban udah sekitar 45rb km dan lebih dari 4.5 tahun. Dari keempat roda Achilles ATR Sport 195/55/15 terlihat sisi dalam ban lebih aus dibanding sisi luar. Selain penampakan visual (gambar 10 - panah kuning), juga terlihat dari jarak tapak roda ke TWI nya, untuk sisi luar masih lebih jauh. Maklum saja karena standard Aerio mempunyai chamber negatif jadi cenderung sisi dalam lebih kemakan. Diputuskan untuk melepas ban dari velg supaya bisa diputar dan biar roda bisa ditukar kanan dan kirinya, maklum ban unidirectional jadi ga bisa langsung dituker ban kanan dan kiri tanpa melepas dari velg. Harapannya keausan ban lebih merata dan ban bisa dimanfaatkan lebih jauh dibanding abis sebelah. 

 gambar 2 - proses melepas ban
 gambar 3 - proses melepas ban
 gambar 4 - proses melepas ban
Setelah itu ban di balancing lagi (foto-foto di bawah ini bukan berurutan).
 gambar 5 - balancing dengan komputer
 gambar 6 - komputer memberi petunjuk berat timah yang perlu ditambahkan
 gambar 7 - timah disiapkan sesuai petunjuk
 gambar 8 - ban diputar untuk cari lokasi penempelan timah yang tepat
 gambar 9 - ditest lagi sampai komputer menunjukkan angka NOL
Setelah selesai balance 4 roda, dilanjutkan dengan proses spooring (terlihat di gambar 10 sekarang bagian yang aus menjadi sisi luar)
 gambar 10 - pemasangan alat 3 dimensi untuk spooring
 gambar 11 - proses spooring
 gambar 12 - monitor komputer untuk proses spooring
 gambar 13 - Nilai keselarasan roda sebelum disetel ulang
 gambar 14 - Nilai keselarasan roda setelah di-spooring
Sebenernya nilai keselarasan roda selain kepengaruh ganti shockbreaker kemaren, juga karena ban diputer dari velgnya. Meski begitu tetep aja nilai toe nya cukup melenceng jauh di bagian before-nya.
gambar 15 - Nota RAF
di km 97rb-an sudah spooring balancing lagi buat Aerio dengan rincian :
Balance 4 roda : 4x15rb = 60rb
Spooring 150rb x 50% diskon AIC = 75rb
Total 135rb
gambar 16 - 28 Juli 2013, Km masuk 97921
regards,
singachu

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}