Kamis, 11 Juli 2013

DIY : Ganti lampu background panel tombol AC Next G

 gambar 1 - bohlam lampu baru vs lampu lama berikut fitting
Berdasarkan sharing DIY om kijangtua, dan sharing dari om Jalanbuntu, newbie putuskan beli bohlam nya saja, dapet harga 7500 / pcs di Serayamotor kedungsari surabaya. Karena tidak termasuk fitting plastik maka perlu melepas dulu dan fitting plastiknya dipakai lagi. Di Next G / Aerio terdapat 3 lampu, sayangnya dulu waktu coba-coba ganti dengan LED ternyata fittingnya jatuh dan hilang satu karena dicari ga ketemu. Jadi sisa 2 fitting aja, rencanya satunya dipararel aja dari salah satu fitting yang ada.

Berikut di gambar 2 adalah konektor ke panel PCB di console AC, bagian inilah yang mendapatkan aliran listrik. Sedangkan di gambar 3 merupakan jalur kaki bohlam lampunya keluar dan mengarah ke samping sampai terlihat di gambar 2.

 gambar 2 - kaki lampu yang mendapatkan aliran listrik
 gambar 3 - penampakan belakang
Untuk melepaskannya tinggal congkel dan luruskan kakinya sampai seperti gambar no 4, lakukan untuk dua kaki bohlamnya, setelah itu tarik ke atas kaca bohlamnya sehingga terlepas seperti gambar 5
 gambar 4 - luruskan kaki bohlam
 gambar 5 - perbandingan besarnya bohlam, yang kebeli lebih kecil lagi
Pasang bohlam yang baru dari atas, kemudian tekuk kaki bohlam seperti pemasangan awal, hasilnya nampak seperit gambar 6.
 gambar 6 - penampakan terpasang
Selanjutnya untuk mengakali fitting yang hilang, maka perlu melakukan pararel dengan lampu yang ada. Untuk menambah panjang kaki bohlamnya, bisa mengupas kabel untuk diambil serat kabelnya, butuhnya 1 lembar aja karena daya yang dipakai juga ga besar. Pelintir saja ke kaki bohlam yang ada sehingga nampak seperti gambar 7.
 gambar 7 - kaki bohlam ditambah dengan seutas serat kabel
Supaya tidak konsleting, maka perlu diisolasi, tempelkan pada isolasi seperti di gambar 8, tekuk 1 kabel dulu supaya terlindungi seperti di gambar 9, baru lanjutkan untuk kaki satunya lagi seperti gambar 10.
 gambar 8 - Pemasangan isolasi biar tidak konsleting
 gambar 9 - isolasi 1 kaki dulu
 gambar 10 - lanjutkan untuk kaki satunya lagi
Untuk menambah ke-kaku-an sebagai pengganti fitting, bisa menggunakan sedotan air mineral gelas dan potong sesuai panjang yang diinginkan. Masukkan isolasi yang ada ke dalam sedotan tersebut sehingga nampak seperti gambar 11.
 gambar 11 - Selongsong sedotan
Pasang secara pararel ujung yang lain ke fitting lampu yang sebelumnya sudah dibuat, sehingga nampak seperti gambar 12
 gambar 12 - dipararel
 gambar 13 - ditutup lagi, pengaman biar ga kesentuh logam
 gambar 14 - Diulangi untuk fitting kedua
 gambar 15 - bagian kabel di samping bisa ditekan dengan tang supaya rata
Karena dari DIY sebelumnya sudah tau pasti lokasinya di mana, ternyata bisa diakses tanpa melepas konsol AC. Supaya paham step ini sebaiknya baca dulu DIY tersebut untuk dapat gambaran dimana lokasi ketiga lampu AC yang dimaksud. Pada step ini cukup melepaskan dek dashboard di bawah setir, dan langsung longok ke arah tengah dashboard. Pasang seperti gambar 16 dan 17.
 gambar 16 - Terpasang
 gambar 17 - Terpasang
Saatnya testing, dan ga gelap lagi deh.....
 gambar 18 - Lampu senja off
gambar 19 - lampu senja on, panel ac sekarang terang

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar