Jumat, 20 Desember 2013

DIY : Pasang Tire Pressure Monitoring System - TPMS - pada Grand Livina {syahrul763}

 gambar 1 - TPMS OEM Nissan
Nubitolisme akut ijin sekedar share.....

Berawal dari kurang rajinnya seorang nubitolisme akut untuk melakukan cek tekanan ban secara rutin, akhirnya memilih jalan pintas dan instan walopun harus merogoh kocek lebih dalam
Selain itu mengikuti petunjuk suhu" dan mastah" disini intuk melengkapi fitur dari boil kita dan tidak hanya mengeluh fitur yang diberikan oleh pabrikan ....Talk Less Do More klo kata sponsor


Alhamdulillah akhirnya TPMS OEM Fit Nissan dengan sensor eksternal bisa nancap di dashboard si Dark Red cupu aliran modif selow. Disini ogut juga tidak berniat melakukan promo produk tertentu (bukan sales ) tapi hanya lebih pada cara pemasangan yg dilakukan sendiri (DIY).

Sekedar info, TPMS ini bukan hanya mengukur tekanan ban secara realtime tapi juga temperature ban, disertai juga alarm. Sensor ada 2 macam yang bisa dipilih : internal atau eksternal. Lebih detail bisa digoogling sendiri fitur dan kegunaanya karena sekali lagi disini ogut bukan menawarkan barang

keterangan gambar 1.
A : Sensor eksternal
B : Receiver and Control Unit
C : Display
D : Kabel set
E : Kabel ties
F : manual book

Alat kerja yg dibutuhkan juga tidak banyak :
 gambar 2 - alat kerja
Sebenarnya cukup sederhana dalam pemasangannya karena kita hanya perlu mengkoneksikan 3 kabel seperti gambar di bawah
 gambar 3 - kabel TPMS
Cuman ada 3 kabel :
* warna merah +12V dari aki
* warna hitam Ground
* warna kuning +12V dari switch acc

Next step, buka trim bawah kanan dekat pedal gas untuk mencari +12V yang langsung dari aki. Bukanya cukup mudah tinggal tarik aja.
 gambar 4 - lepas trim
Gunakan AVO ato Multi Tester untuk mencari +12V lgsg dari aki (key pada posisi off) dan disini ogut menemukannya dari power modul alarm yg sudah ada. Inject atau suntik kabel dikarenakan tidak punya stok one touch connector, dan disolder pada sambungan tersebut agar kuat dan terkonek dengan baik.
 gambar 5 - sambungan +12V dari aki
Untuk kabel ground warna hitam dipasang pada Baut yang nempel ke body (maap tidak kefoto )

Untuk kabel kuning +12V dari ACC, ogut ambil dari fuse box yg ada didalam kabin, spare dari fuse airbag yg tidak terpakai. Berhubung soket fuse yg spare ini hanya mempunyai soket terminal yg bagian atas saja (source nya) jadi ogut putuskan untuk kabel disolder langsung ke fuse agar lebih aman dan kuat.
 gambar 6 - +12V dari ACC
Lanjut pasang display TPMS pada blank slot disebelah switch electric mirror. Buka terlebih dahulu board bagian bawah setir tempat blank slot terpasang untuk melepas blank slot tersebut. Melepasnya pun cukup mudah
 gambar 7 - lepas blank slot
Pasang display nya pada tempat blank slot, pasang soket kabelnya dan taruh Receiver and Control module nya di dalem trim dan rapikan kembali.

Dilanjut pasang sensor tpms external yang sangat" mudah karena hanya seperti mengganti tutup pentil , ada lock nya agar sensor tidak mudah diembat oleh tangan" setan yang terkutuk. Walaupun nantinya belum rejeki karena ada yg diembat juga, kita bisa beli sensornya eceran
 gambar 8 - pasang sensor
Pemasangan sensor sudah ditentukan tempatnya, tiap" sensor tertulis diatas untuk posisinya : FR, FL, RR, RL
F : Front
first R : Rear
second R : Right
L : Left
jangan sampai ketuker agar pembacaan tidak kacau, atau kalo emang ketuker bisa diset inisialisasi lagi.

Lanjut testing dan setting set point pressure dll sesuai yang tertera dalam manual book
 gambar 9 - backlight warna orange jika terjadi alarm
gambar 10 - backlight warna putih bila normal

Semoga bermanfaat dan terima kasih

Ogut share disini aja harganya ya om...yg sensor eksternal 1.75, yg internal 1.9, tapi yang internal stok kosong nunggu januari....kalau mau tau sellernya PM aja om...hehehe
Pasang sendiri juga gak sampe sejam om...kalo gak sempet diy bisa dibawa ke bengkel aksesoris beri aja gocap hehehe

Review hasil penggunaan TPMS :
Ban Michelin PS3 isi nitrogen, tekanan awal ban 35 psi dan temperatur 30 degC buat semua ban. 
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 100km di siang hari dengan temperatur luar 40 degC (Indikasi pada MID), hasil penunjukan TPMS :
- temperature semua ban 41 degC
- tekanan semua ban naik 2 psi menjadi 37 psi 
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih jarak yang sama di malam hari dengan temperatur luar 30 degC (Indikasi pada MID), hasil penunjukan TPMS :
- temperature semua ban 31 degC
- tekanan semua ban naik 1 psi menjadi 36 psi 
Sesuai dengan teori selama ini....temperature naik pressure juga naik walaupun menggunakan nitrogen, meskipun ada kemungkinan pressure naik lebih besar jika menggunakan angin biasa....mungkin !!! (Belum test aktual dgn angin biasa)
Demikian sekilat info dan terima kasih 

by syahrul763
sumber : kaskus KLIK

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar