Jumat, 14 Maret 2014

DIY : Ganti klakson Mobilio dengan horn keong {papa3r}

 gambar 1 - remove socket dengan bor
Ane ganti horn mobilio yg cempreng pake klakson keong Hella hitam 110db...
ane ganti bareng dengan retrofit Head lamp karena prosesnya sama harus bongkar bumper......
Untuk menghindari gagal klaim garansi elektrikal, maka pemasangan tanpa merubah wiring dan soket2nya....
Horn std ane lepas soket2nya kemudian dipasang di horn keong yg baru....

berikut step-step-nya:
1. Bumper sudah harus dilepas...(prosedurnye....next time ).
2. Lepaskan klason std mobilio (kunci 12mm)

3. remove kedua female soket yang ada di klakson std menggunakan bor 4mm (gambar 1)

 gambar 2 - hasil bor
4. Pada klakson keong yang baru...(sebelumnya perbesar salah satu lobang male soketnya dengan bor 3mm).....kemudian pasang female soket ex klakson std...menggunakan rivet yg sesuai....
 gambar 3 - pasang dengan rivet
 gambar 4 - hasil pemasangan
5. Pasang ke dua Klakson keong di posisi klakson standar yang bawah (posisi klakson standar yang atas terlalu sempit)
gambar 6 - pasang klakson
6. pasang / tancapkan soket male di kedua klakson keong...
7. Pada kedua male soket klakson keong yang tidak ditambah female soket ex std...hubungkan / koneksikan ke ground body / chasis

tambahan komentar dari agan i-deal :
gan.... Mobilio agan yg CVT atau MT?
sekadar inpoh...
Dulu jaman Jazz GD dan City GD yg pakai CVT, entah knp Honda menggabungkan sekering klakson dgn mekanisme kunci tongkat transmisi matic. Walhasil tiap ada user Jazz/City GD ganti klakson yg ampere-nya gedean menggunakan jalur kelistrikan existing, pasti kejadian sekering tsb jebol ketika habis hot2nya ngelakson. Ujung2nya pada bingung krn tongkat matic terkunci dan mobil gak bisa jalan.
Yg bener utk City GD & Jazz GD kalo ganti klakson yg ampre nya gedean hrs tambah relay dan tarik kabel kelistrikan baru dari aki.
Ane gak tau apakah Mobilio menerapkan cara kelistrikan yg sama... cuma gak ada salahnya kalo agan cek dulu.
Klakson Hella Black Twin Tone yg agan pakai saat ini kalo gak salah 6 Ampere (total sepasang = 12 A), sedangkan klakson asli kalo mnrt foto yg agan tampilkan hanya 3.5A (total sepasang = 7 A).
Dan kalo mnrt yg ahli listrik, katanya sih gak direkomen membesarkan Ampere sekering bawaan, krn bisa membuat komponen lain yg terhubung dlm jalur sekering tsb kepanasan & ujung2nya bisa terbakar. Yg benar memang klakson baru yg Ampere nya lebih gede dibuatkan jalur kelistrikan baru langsung dari aki & menggunakan relay tambahan.

by papa3r
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar