Kamis, 13 Maret 2014

DIY : modif membuat 3rd stop lamp di spoiler Aerio berkedip-kedip {Hera Enoong}

video 1 - blinking high mount stop lamp in action

Beli variasi lampu LED kedap-kedip buat motor seharga 30 ribuan, saya ambil modulnya aja, bentuknya kecil. Gambar 1 merupakan modulnya sebelum modulnya sebelum dibongkar.

 gambar 1 - wadah modul variasi motor

Dari variasi motor dapat LED tiga biji, sebenernya ada dua kabel soalnya LED nya ada dua masing-masing ada 3 biji, tapi yang dipakai hanya satu LED saja, satunya tidak terpasaki, Pola kedipannya dipilih salah satu. Dari modul variasi sebenarnya ada tiga pola terus berubah jadi kayak lampu sign.
Modul dari gambar 1 dilepas wadahnya jadi tinggal PCB sama embel-embelnya, biar bisa masuk pas lubang kabel di pintu bagasi Aerio. Lupa ga difoto PCB telanjangnya.

 gambar 2 - skema rangkaian, yang kiri dari variasi, yang kanan dimodifikasi
Dari skema gambar 2, sebelah kiri terlihat modul variasi ada 1 input power, dan dua output ke lampu LED. Output ke lampu LED hanya dipakai satu saja. Kabel stop lamp Aerio dipotong, input disambungkan ke modul, dan yang mengarah ke LED disambungkan ke salah satu output dari modul variasi.
 gambar 3 - modul sudah dibungkus diisolasi hitam
Buka tutup karet di bagasi kiri atas, ada kabel warna ijo dan item, gunting trus sambungin ke modul deh...Jadi kabel dari modul ke LED dipindah ke lampu high mount stop lamp.
 gambar 4 - sambungan kabel zoom out
gambar 5 - sambungan kabel zoom in
Hasil kedipannya bisa dilihat di video

by Hera Enoong
sumber : whatsapp

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar