DIY : Membuat kaca cermin spion Agya Ayla dari bahan aftermarket truk {G.I. Joe}

gambar 1 - kaca spion truk fuso aftermarket EMGI
Saya menggunakan kaca spion aftermarket untuk truk fuso merek EMGI, banyak di jual di toko onderdil mobil / truk. Kemaren beli harganya Rp.37.000,-

 gambar 2 - potong frame penjepit
Untuk melepaskan cermin dari rumah spion saya menggunting tepian frame plastik dengan menggunakan tang potong. Saya gunting sedikit sekeliling tepi frame untuk melemahkan jepitan frame
 gambar 3 - potong frame sampai kaca cermin bisa terlepas
 gambar 4 - cermin terlepas dari rumah spion
Cermin spion berhasil dilepaskan dari rumah / frame spion.
 gambar 5 - lengkungan cermin truk fuso dibanding agya/ayla
Profil cermin dari arah samping yang cukup lumayan melengkung / cembung.
 gambar 6 - gambar pola pemotongan
Gambar pola cermin spion yang dikehendaki pada cermin truk fuso.
Penggunaan cermin spion truk karena alasan bisa untuk 2 cermin kanan dan kiri, jadi lebih ekonomis.

 gambar 6 - proses potong

Untuk pemotongan cermin sesuai pola sebaiknya diserahkan pada "ahlinya".
Soalnya gak semua orang berbakat memotong cermin cembung hehehehe seperti saya, pertama pengen coba memotong sendiri dan beli pemotong kaca. Ternyata hasilnya cermin spion truk nya malah pecah gak karuan.
Pada percobaan kedua saya bawa ke tukang potong kaca di toko bangunan langganan deket rumah.
Bapak tukang kaca bersedia memotongkan cermin sesuai pola yang telah saya gambar. Waktu saya mau bayar sama engkoh juragan toko bangunan nya disuruh ngasih uang rokok aja buat pegawainya hehehehe akhirnya kasih salam tempel aja 20ribu untuk jasa potong kaca ke bapak tukang potong kaca nya.

 gambar 7 - satu cermin sudah selesai
Hasil cermin cembung yang sudah di potong, dan baru 1/2 dipotong sesuai dengan pola.
 gambar 8 - terpian masih kasar
 gambar 9 - terpian masih kasar
gambar 10 - percobaan penghalusan

Cermin yang sudah dipotong tapi ujung-ujung tepiannya masih kasar.
Kalau tukang kaca nya gak males bisa sekalian di bantu sama tukang kaca nya untuk menggosok hingga tepi nya mulus.
Pada percobaan pertama saya mau coba gosok sendiri pakai batu asah pisau dapur, malah hasilnya cermin pada rompal hahahahaha akhirnya pada percobaan kedua sama minta di gosokin sampe halus sama tukang kacanya.


by G.I. Joe
sumber : kaskus

Comments

  1. Siang Bos. Masih bermain di spion ga. Saya menyediakan bahan cermin nya. Ukuran 22 cm x 45 cm. Cembung nya R1200

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}