DIY : setel hand rem Grand New Kijang Innova

 gambar 1 - tuas hand rem Grand New Kijang Innova tipe G
Dari beberapa hari pemakaian Grand New Kijang Innova VVT-i tipe G, saat kopling diinjak full atau gigi netral dan mobil dibiarkan meluncur, newbie merasa speed / kecepatan mobil cepat sekali turun. Sepertinya ada gaya gesek yang berlebih. Pemikiran awal newbie langsung menuju ke handrem, karena tarikan handrem sedikit sekali udah sangat pakem. Beberapa orang memang suka tarikan handrem yang rendah, cuman newbie lebih suka tarikan handrem yang tinggi, kalau jalan datar ga perlu tarik kuat-kuat, baru kalau jalan menanjak/menurun tarikan perlu kuat.
Newbie rasa untuk Innova setelan hand rem bisa dilakukan di dua tempat, pertama di area tuas handrem itu sendiri, kedua di area tromol rem belakang. Newbie pilih cara pertama karena relatif cepat dan mudah untuk menyetelnya. Maaf step-step foto terasa lompat dan janggal, karena newbie memfotonya secara terbalik urutannya, maklum belum pernah tau sama sekali cara setelnya jadi setel sambil mempelajari.

 gambar 2 - tarik hand rem dan lepas penutup ini supaya nantinya console tidak mentok tuas hand rem
 gambar 3 - penutup sudah terlepas
 gambar 4 - referensi kuncian plastik dari penutup di gambar 2
 gambar 5 - putar berlawanan jarum jam untuk melepas handle tuas persneling
 gambar 6 - sistem drat (sori fotonya lompat dari step sebelumnya)
 gambar 7 - handle tuas pernseling sudah terlepas
 gambar 8 - buka penutup arm rest tengah, kemudian tarik plastik penutup dari belakang ke depan 
(plastik penutup terlihat di bangku penumpang)
gambar 9 - terlihat setelan kekencangan handrem 
 gambar 10 - panah merah untuk penyetelan, panah biru adalah kawat seling yang ditarik
 gambar 11 - kendorkan dengan 2 kunci 10 mm
 gambar 12 - baut hijau untuk mengatur handrem, baut merah untuk pengunci baut hijau
 gambar 13 - kunci kembali
 gambar 14 - sudah selesai disetel
gambar 15 - tambahan bonus, terlihat kawat seling baja yang terbungkus plastik
Berikutnya, tinggal dicoba saja. newbie dongkrak roda belakang dan coba putar dengan handrem diturunkan. Sewaktu roda diputar dengan tangan, hasilnya sudah cukup lancar, meski kadang masih terasa tersendat, tapi normal hitungannya. Memang saat newbie bandingkan dengan roda depan, masih lebih lancar roda depan, maklum pertama ini penggerak belakang, kedua rem depan tidak digunakan sebagai hand rem. Tadi pagi sewaktu jalan ke kantor, penurunan speed sudah tidak cepat lagi, lebih gradual. Seharusnya untuk akselerasi ada efeknya dikit, cuman newbie ga bisa merasakan wkwkkwkwk.
Done.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : tambah relay power window Aerio