Jumat, 02 Mei 2014

Sharing purging Injector Gasoline dengan Tunap {gajah_terbang}

 gambar 1 - letak relay electric fule pump
Berhubung mesin "Busi" ane udah mayan uzur (th 07) dan kebetulan liat ada obat purging baru merek TUNAP, akhirnya iseng coba
Posisi odo mesin R20A ane : 58.000 Km
DC Tunap purging : Rp 395 rb.
Prosedur :

1. Cabut sekring atau Relay electric fuel pump, di R20A ini cabut relay Fuel Pump yang lokasinya di atas handle bukaan kap mesin (gambar 1 dan 2).

 gambar 2 - relay fuel pump tercabut
2. Lepas klem selang bensin yang terkoneksi dengan saluran input Fuel rail
 gambar 3 - selang bensin dicabut dari fuel rail
3. Hubungkan selang alat dispenser obat TUNAP ke saluran input Fuel Rail
 gambar 4 - ganti dengan selang dari obat TUNAP
4. Kaleng obat Tunap dipasang di tempatnya dan di sebelah bawah kaleng ada ujung nozzle yg menusuk sisi bawah kaleng, tujuannya utk menyalurkan udara dari kompressor untuk menciptakan tekanan cairan sebesar 6 Bar dimana nantinya mesin idle dgn si obat Tunap tsb.
 gambar 5 - kaleng dipasang
7. Pressure release dibuka dan tekanan di set 6 Bar
 gambar 6 - set di 6 bar pressure
8. Mesin dihidupkan dan dibiarkan idle selama 15 menit.
 gambar 7 - Mesin dihidupkan dengan TUNAP
9. Sesudah 15 menit mesin dimatikan selama 10 menit, konon dengan tujuan agar obat melunakkan endapan2 karbon di injector / intake valve / ruang bakar
10. Sesudah 10 menit mesin dihidupkan kembali sampai obat habis, kira2 sesudah 25 menitan mesin mati sendiri
11. Selang BBM dari tangki dan relay dipasang kembali
Pengamatan hasil sesudah purging :
- Idle lebih halus
- Saat persis sesudah purging selesai, di R20A ane perbaikan performa belum terasa signifikan, jadi selama jalan ane coba tarik2 dikit supaya sisa2 karbon benar2 terbilas sempurna
- 6 jam sesudahnya akselerasi terasa ada lebih instant / lebih ada "jenggutan"-nya.

Utk kons BBM masih dalam pengamatan.

Kesimpulan :
Utk mesin2 bensin yg kilometer udah buanyakk banget dan yg suka ngelitik biar dah pake RON 92 / 95 atau ngalamin saat idle dgn AC ON dan shift di D, mesin terasa getar / RPM nge-drop yah boleh dicoba (dengan catatn busi bagus / idle up TB normal)

Demikian sharing dan pengamatan selanjutnya akan ane update

*Bukan seles Tunap*
 gambar 8 - kaleng TUNAP
gambar 9 - peralatan pemasangan

by gajah_terbang
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar