Rabu, 25 Juni 2014

DIY : Pasang Audio Steering Remote di Honda Mobilio {1234iwan}

 gambar 1 - hasil pemasangan remote audio di setir
 http://otodiy.blogspot.com 

Hi agan-agan,
mo share nih tentang Audio steering remote buat mobilio, setelah cari2 referensi di internet, konsultasi ke agan DIY.Carport, agan ideal, agan Michael, suhu IwanR$ dll... ternyata pasang steering remote itu SANGAT MUDAH!
saya yang sebelumnya kagak pernah buka mobil, apalagi buka setir etc.. ternyata bisa pasang tanpa kendala apapun hehe...
ok, idenya dulu baca postingan agan ideal kalo kemungkinan bisa pasang remote module-nya CRZ ke setirnya mobilio, setelah tengok2 memang sama bentuknya. cari2 di internet, ada banyak toko online di USA, harga antara 40an-50anUS$, plus harness 30an US$ + ongkos kirim juga sekitar 40an$. pas dulu beli, belum mikir gimana cara pasangnya; mikirnya mo bawa saja ke toko Audio buat pasang, ternyata mereka gak bisa, bisanya cuma kalo buka setir, psang soket ke soket doang.
cari2 refensi di internet ternyata banyak lho, dan prinsip kerja module remote cuman resistansi doing, tiap tombol punya nilai resistansi yg beda2, dan nilai resistansi ini yang akan dibaca oleh HU, HU nya mobilio prestige sudah ready buat baca resistasi tanpa butuh modul interface lagi.
akhirnya buka lah module remotenya dan cari pin mana yg kasih resistansi (sinyal buat ke HU). di module remote juga ada LED, juga perlu cari mana pin2 powernya,
ini spoiler remote dan saat dibuka + test nyalain LED nya;

 gambar 2 - remote steering
 gambar 3 - test nyala LED
stelah ketemu pin sinyal, coba sambungin ke HU pake jack 3.5mm (ada banyak referensi di internet + thanks buat agan DIY.Carport atas petunjuknya); set-up/learning tombol-nya di HU, it works and so simple..
 gambar 4 - test sambung head unit
Selanjutnya pasang ke setirnya nih yang agak masalah,
1. dudukan remote-nya gak plug n play, jadi musti dilubangi sendiri tuh..nih, cara melubangi dudukan setir yang paling sadis se-kaskus. saya pake ini nih (pisau dapur yg dipanasin pake kompor):
 gambar 5 - tools untuk melubangi
 gambar 6 - ini hasilnya
rapiin pake cuter dan kikir, hasilny agak lumayan, meskipun ada beberapa bagian yg ikut lecet, remote nya bias plek di dudukannya
 gambar 7 - pasang

trus urusan kabel di dalam setir yang agak ribet, soalnya harness di setir mobilio hanya ada pin buat klakson and SRS doang - amit2 dah nih Honda.. gak ada yg sisa lagi.
ada saran buat buka clockspring, kemungkinan masih ada 2 kabel nganggur yg bisa disambungin keluar buat sinyal ke HU, tapi saya juga mo nyalain LEDnya, jadi butuh setidaknya satu kabel lagi; so kalo buka clockspring (resiko juga, soalnya dipake buat srs juga) plus gak ada jalur lagi buat power LED, saya hunting saja clocksping CRZ (mudah2an juga cocok buat mobilio), saya yakin ada banyak jalur kosong bias dipakai.. 
ini penampakannya:

 gambar 8 - clock spring honda CRZ
 gambar 9 - socket pin di clock spring Honda CRZ
banyak pin yg masih kosong, bias tambah tombol Cruise nanti hehe..
sebelum dipasang tuh clockspring CRZ nya, mesti cek dulu jalur pin dari remote, ke harness clock-spring depan dan harness clockspring sisi belakangnya, dari harness belakang clockspring tinggal sambungin ke kabel sinyal ke HU dan power 12V dari lampu senja + ground (ground juga bisa sharing ma klakson).
dah ketemu semua jalur kabelnya, ganti deh clock-springnya mobilio pake CRZ punya.
ternyata, bongkar setirnya susah euy.. terpaksa saya bawa mobilnya ke Bengkel motor deket rumah buat lepasin setir, sempat nolak bengkelnya karena gak pernah bongkar setir dan gak mau tanggung jawab kalo gak bisa balikin, saya bilang asal punya kuncinya dan bisa buka deh.. urusan pasang saya yang tanggung jawab (padahal saya juga gak pernah bongkar setir )
masang clock spring juga musti pake hitung2an ya.. berapa putaran ke kanan dan ke kiri, harus adil kanan dan kirinya..
dah kepasang clockspringnya, saya bawa pulang lagi si lio, lanjutin pasang remote, wiring-nya dan test di HU:
gambar 10 - pasang
gambar 11 - dan horeeee... it works...
pasang lagi semua setirnya.. jadi deh DIY audio steering remotenya
gambar 12 - hasil

by 1234iwan
sumber : kaskus MOBILITY

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar