DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

 gambar 1 - Camera Mundur nampak pada Fujitsu TEN bawaan Innova
http://otodiy.blogspot.com
Newbie masih berencana aja untuk pasang camera mundur di Grand New Kijang Innova tipe G, kebetulan ada camera copotan sebelum dipasang di mobil lain, maka newbie pingin testing dulu di Innova. Berbekal dari panduan pasang camera mundur di Innova tipe V, dan hasil browsing wiring diagram Fujitsu Ten di internet, dan hasil coba lepas Head Unit sebelumnya, maka newbie lanjutkan testing.

Berikut foto bagian belakang Fujitsu Ten yang merupakan Head Unit orisnil bawaan Innova tipe G.
 gambar 2 - Socket di belakang head unit
Yang dipakai adalah socket A (gambar 2), pin no 2 sebagai Reverse Signal, dan socket B (gambar 2), pin 8 dan 15 sebagai Rear Camera Signal.
 gambar 3 - pin 2 sebagai Sinyal Mundur
Pin 2 di gambar 3 apabila diberi Voltase 12+ maka Head Unit akan masuk ke mode camera mundur, biasanya diambil dari lampu mundur yang akan menyala saat tuas transmisi dipindahkan ke R. Pada tipe G ternyata pin no 2 ini kosong.
 gambar 4 - Rear Camera Video In
 gambar 5 - Rear Camera Video In
Pada Head Unit Innova tidak ada RCA untuk masuknya Video In, yang ada berupa soket, sehingga perlu dilakukan konversi ke RCA Female. Untuk itu diperlukan pin no 8 sebagai Video In Signal positif, dan pin no 15 sebagai Video In Ground Signal. 
Lihat di gambar 4 dan 5, kabel kuning adalah Signal Video In positif dan kabel hitam adalah Signal Video In negatif aka ground. Berbeda dengan petunjuk di tipe V dimana Signal Ground diambil dari pin no 16, malah kalau dari wiring diagram dari google, banyak ga cocoknya karena ada bagian yang No Connection tapi di soket tersebut ternyata sudah ada kabel yang bertengger.
Dari kabel kuning dan hitam tersebut, ujung lainnya dibuat jadi soket RCA Female (gambar 6, soket hitam), kabel kuning masuk ke center dari RCA dan kabel hitam masuk ke outer dari RCA. Di gambar 6 nampak RCA sudah dihubungkan dengan RCA male yang terkoneksi dengan kamera mundur, juga kabel orange yang berasal dari Reverse Signal (gambar 3) dibiarkan terbuka, nantinya sinyal mundur ini akan diberi voltase 12+, percobaan ini newbie ambil dari cigarete lighter saja untuk menghidupkan camera sekaligus buat sinyal mundurnya.
 gambar 6 - ready to test
 gambar 7 - test beri listrik 12+
Setelah kabel orange di gambar 6 diberi listrik plus seperti di gambar 7, nampak signal Video IN bekerja menampilkan gambar yang ditangkap oleh camera (gambar 1 dan gambar 8).
gambar 8 - Video sudah muncul di head unit standard InnovaZ
Done testing.

regards,
singachu

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Sukses gan, tp kok kadang d pake muter video g ada gambarnya ya gan, apalagi swtelah d pakai mundur

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar dari video nya atau dari camera mundurnya ? Coba cek lagi instalasinya

      Delete
  3. Gambar dari videonya gan, cuman suara doang, kl gambar dari kamera sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. brarti yang dibahas bukan camera mundur seperti yang di post ini ya.
      Head Unit nya sama dengan yang di post ini atau beda ?
      Coba cek AV in nya udah sesuai apa ga

      Delete
  4. Head unit bawaan gan, semua udah sesuai cuman setelah d pasang kamera mundur kl d pake muter dvd kok kadang2 g muncul gambarnya gan, mungkin agan punya solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kalau dilepas dulu kamera mundurnya, cek apakah DVD kadang ga muncul gambar atau normal terus. Coba bbrp hari. Kalau tetep ga muncul gambar kadang2 ya kemungkinan dari HU nya ada masalah, kurang ngerti saya kalau dah elektronik dalamnya. Coba juga ganti keping DVD yang lain. Coba juga setel Video dari SD card ada masalah apa ga.

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Ganti kopling set matic Aerio yang sudah aus, jedug perpindahan gigi pun hilang {Erwin Berlian}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin