Minggu, 01 Juni 2014

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

 gambar 1 - Camera Mundur nampak pada Fujitsu TEN bawaan Innova
http://otodiy.blogspot.com
Newbie masih berencana aja untuk pasang camera mundur di Grand New Kijang Innova tipe G, kebetulan ada camera copotan sebelum dipasang di mobil lain, maka newbie pingin testing dulu di Innova. Berbekal dari panduan pasang camera mundur di Innova tipe V, dan hasil browsing wiring diagram Fujitsu Ten di internet, dan hasil coba lepas Head Unit sebelumnya, maka newbie lanjutkan testing.

Berikut foto bagian belakang Fujitsu Ten yang merupakan Head Unit orisnil bawaan Innova tipe G.
 gambar 2 - Socket di belakang head unit
Yang dipakai adalah socket A (gambar 2), pin no 2 sebagai Reverse Signal, dan socket B (gambar 2), pin 8 dan 15 sebagai Rear Camera Signal.
 gambar 3 - pin 2 sebagai Sinyal Mundur
Pin 2 di gambar 3 apabila diberi Voltase 12+ maka Head Unit akan masuk ke mode camera mundur, biasanya diambil dari lampu mundur yang akan menyala saat tuas transmisi dipindahkan ke R. Pada tipe G ternyata pin no 2 ini kosong.
 gambar 4 - Rear Camera Video In
 gambar 5 - Rear Camera Video In
Pada Head Unit Innova tidak ada RCA untuk masuknya Video In, yang ada berupa soket, sehingga perlu dilakukan konversi ke RCA Female. Untuk itu diperlukan pin no 8 sebagai Video In Signal positif, dan pin no 15 sebagai Video In Ground Signal. 
Lihat di gambar 4 dan 5, kabel kuning adalah Signal Video In positif dan kabel hitam adalah Signal Video In negatif aka ground. Berbeda dengan petunjuk di tipe V dimana Signal Ground diambil dari pin no 16, malah kalau dari wiring diagram dari google, banyak ga cocoknya karena ada bagian yang No Connection tapi di soket tersebut ternyata sudah ada kabel yang bertengger.
Dari kabel kuning dan hitam tersebut, ujung lainnya dibuat jadi soket RCA Female (gambar 6, soket hitam), kabel kuning masuk ke center dari RCA dan kabel hitam masuk ke outer dari RCA. Di gambar 6 nampak RCA sudah dihubungkan dengan RCA male yang terkoneksi dengan kamera mundur, juga kabel orange yang berasal dari Reverse Signal (gambar 3) dibiarkan terbuka, nantinya sinyal mundur ini akan diberi voltase 12+, percobaan ini newbie ambil dari cigarete lighter saja untuk menghidupkan camera sekaligus buat sinyal mundurnya.
 gambar 6 - ready to test
 gambar 7 - test beri listrik 12+
Setelah kabel orange di gambar 6 diberi listrik plus seperti di gambar 7, nampak signal Video IN bekerja menampilkan gambar yang ditangkap oleh camera (gambar 1 dan gambar 8).
gambar 8 - Video sudah muncul di head unit standard InnovaZ
Done testing.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar