Kamis, 14 Agustus 2014

DIY : Step by Step pasang Garnish Reflector Light Mobilio {tansil75}

gambar 1 - hasil nyala Garnish Reflector Light Honda Mobilio
 http://otodiy.blogspot.com 
Hello agan & sista pecinta mobilio,
Kali ini saya coba sharing bagaimana cara kita bisa memasang sendiri Garnish Light Reflector (GLR) untuk mobilio.
Menurut saya penerangan bagian belakang mobilio agak kurang, sehingga rawan terjadi tabrakan dari belakang. nah, GLR ini dapat membantu memberi penerangan pada saat kita mengerem dan memberi kita extra penerangan pada saat malam hari (cruising).
Garnish Light Reflector tidaklah asli OEM pabrik, banyak dijual di toko toko aksessories di jakarta seharga rp.300.000,-. untuk dari segi kualitas, saya beri rating cukup baik. saya tidak menyarankan memodifikasi Garnsih Light OEM Mobilio semisal dipasang led / lampu sendiri, karena space (tempat) sangat tipis sekali.


Berikut langkah langkah nya.
langkah 1 - lepas bumper belakang
Pada saat melepas pastikan semua baut yang terpasang dilepas terlebih dahulu, nah hal yang paling sulit adalah melepas klip bumper yang merekat rapi dengan bodi, pastikan anda melepas bumper dari posisi paling bawah sesuai dengan petunjuk dibawah. gunakan tenaga dan sedikit force, pastikan tidak ada klip yang patah.
 gambar 2 - arah melepas bumper
siapkan alas terbuat dari spon atau letakan bumper di atas rumput atau kertas koran, sehingga permukaan cat bumper tidak luka atau baret
 gambar 3 - hati-hati cat baret
langkah 2 - lepas baut penahan garnish OEM Mobilio
gunakan obeng plus untuk melepas garnish oem mobilio seperti contoh di gambar bawah
 gambar 4 - obeng plus untuk buka
setelah baut di lepas, garnish oem tinggal di angkat saja, mudah.
 gambar 5 - tinggal angkat
bersihkan dengan lap agar permukaan bersih dari debu sebelum ditempel GLR.
 gambar 6 - bersihkan permukaan
langkah 3 - test dan coba sambungkan kabel
GLR Mobilio terdapat 3 kabel yaitu merah - menyala saat brake/ngerem, hijau - menyala dan hitam - ground. sambungkan semua kabel ke kabel bawaan lampu mobilio sesuai dengan warnanya. jika mau sedikit lebih rapi gunakan konektor seperti di gambar bawah ini, bertujuan jika glr mati, bisa sewaktu waktu di lepas dan di ganti yang baru
 gambar 7 - penyambungan kabel
saat testing menyala dan saat testing mengerem, pastikan semua kabel tersambung dan berfungsi
 gambar 8 - test nyala
agar kabel terlindung dari terpaan pasir dan kotoran, gunakan kabel duct flexible (bisa di beli di toko toko audio), cukup beli 2 meter saja untuk kanan dan kiri.
 gambar 9 - cable protector
langkah 4 - pasang GLR ke bumper
Untuk memastikan GLR terpasang dengan baik, bisa gunakan lem silikon pada permukaan GLR dan agar air hujan tidak masuk ke dalam GLR, bisa juga ditambahkan lem silikon di bagian lubang baut belakang (setelah terpasang di bumper)
 gambar 10 - lem silicon
langkah 5 - pasang kembali bumper semua ke body mobil, check semua kondisi dan test lampu GLR baru kemudian memasang baut bumper seperti semula
gambar 11 - selesai
PS : saya prefer memasang GLR pada masing masing lampu belakang mobilio, misalnya GLR kiri saya koneksi kan ke lampu belakang kiri dan glr kanan saya koneksi kan ke lampu belakang kanan, namun saya tidak menyarankan GLR kanan dan kiri dipasang di hanya 1 lampu belakang saja, walaupun hasilnya sama.

Hope it Helps

by tansil75
sumber : kaskus MOBILITY

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar