Senin, 06 Oktober 2014

DIY : melepas OCV dan memperbaiki kebocoran OCV pengatur VVT di Next G

 gambar 1 - OCV di baleno Next G 
 http://otodiy.blogspot.com 
Sebenernya rembes udah lama, tapi dibiarin dulu sampe sering dengar bunyi belt decit, dan terakhir terlihat tetesan oli di lantai. Ya udah daripada resiko kehabisan oli dan atau belt putus di jalan akhirnya diputuskan untuk cek sumber kebocoran. Dan sepertinya memang benar dari OCV yang mengontrol variable valve. Berbekal sharing dari om Aditia Ekalaya, newbie putuskan untuk repair dulu.
Pertama newbie lepas dulu engine mounting kanan kemudian dongkrak mesin dikit biar lebih mudah menjangkaunya.
 gambar 2 - OCV dipenuhi oli campur debu
 gambar 3 - cuci dulu
Setelah itu lepas socket OCV, lepas 3 baut ukuran 10mm, dan 1 baut banjo/oli ukuran 14mm. Yang bikin susah itu jalur pipa olinya karena menghalangi OCV untuk ditarik keluar, newbie sedikit tekuk pipanya dan OCV dapat dilepas.
 gambar 4 - OCV
 gambar 5 - OCV sudah terlepas
 gambar 6 - bagian dalam penuh oli dan sedikit kasar berpasir
 gambar 7 - sisi dalam juga kotor
 gambar 8 - ini biang kerok rembesan, udah keras O Ring nya
 gambar 9 - sudah dibersihkan
 gambar 10 - bagian penekan OCV
 gambar 11 - benar-benar getas
 gambar 12 - O ring baru
 gambar 13 - kasi seal tape dulu deh, baru sealer
 gambar 14 - rangkai kembali dan tutup
gambar 15 - siap untuk dipasang kembali
Newbie ga siap-siap seal untuk OCV, moga-moga ga bocor....bagian tersulit pas pasang kembali, terutama nge-paskan baut bajo untuk pipa olinya.
Setelah selesai terpasang cuci dak plastik dan lelehan oli, sempat curiga rembesan terjadi dari seal crankshaft, tapi biarin dulu deh blom siap partnya juga. Moga-moga hanya dari OCV dan bisa solve.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar