DIY : mengganti kampas rem Next G matic dengan Bendix Metal King
gambar 1 - kampas rem sudah tipis
http://otodiy.blogspot.com
Saat melakukan pembersihan cipratan oli dari OCV, newbie secara ga langsung melihat kondisi kampas rem dari sela-sela caliper rem, ternyata sudah tipis x_x . Karena dah tipis banget meski ga punya part kampas rem orisinil, newbie tetap ganti aja, kebetulan dapet hibahan Bendix Metal King. Dihibahkan karena tiap mengerem menimbulkan bunyi. Memang dari report-report yang ada untuk Aerio dan Next G disarankan menggunakan kampas orisinil supaya tidak bunyi, terlebih lagi untuk transmisi matic yang kerja remnya lebih keras akibat kurangnya efek engine brake.
Untuk melepas kampas rem sudah pernah newbie ulas di sini. Kali ini hanya membahas modif kampas rem Bendix Metal Kingnya dengan menambahkan sisi "tapper" atau miring dengan menggerinda bagian pinggir kampas remnya, siapa tau bisa mengurangi timbulnya bunyi decit.
gambar 2 - kampas rem yang habis
gambar 3 - kampas rem yang habis
gambar 4 - Bendix Metal King yang sudah dimodif dan yang belum dimodif
gambar 5 - sebelum dimodif cenderung tegak lurus
gambar 6 - setelah dimodif ditambahkan bevel
gambar 7 - sesudah dimodif
gambar 8 - bagian tengah juga dimiringkan
gambar 9 - piston caliper perlu dilepas balik
gambar 10 - pindahkan plat di punggung kampas rem
Setelah itu test drive, saat ini belum timbul bunyi....dari report-report biasanya bertahan sekitar 1 minggu sebelum bunyi terus muncul, hilang setelah dibersihkan kembali tapi muncul lagi. Lets see
update tgl 11 okt 2014 : dipakai hampir seminggu dengan total trip hampir 400 km, kondisi lancar tanpa bunyi-bunyian.
update tgl 9 nov 2014 : no bunyi. Tapi kalau udah hampir berhenti dan tau-tau injek rem seperti panik nabrak ada bunyi 'drek', tapi kalau rem injek normal sampe berhenti ga ada bunyi sama sekali.
update tgl 30 nov 2014 : ga ada bunyi.
update tgl 30 nov 2014 : ga ada bunyi.
regards,
singachu