Minggu, 09 November 2014

DIY : bersihkan piston caliper, suspect bunyi kretek-kretek (squeak) saat rem diinjak

 gambar 1 - piston caliper dibikin nongol
 http://otodiy.blogspot.com 
Bunyi kretek-kretek (squeak noise) saat rem diinjak, bahkan saat mobil dalam keadaan berhenti sekalipun bunyi kretek-kretek tetap muncul. Udah dicoba bersihkan rem dsb tapi bunyi tidak hilang, bunyi udah muncul lama, bahkan sebelum ganti sensor ABS yang bikin lampu ABS menyala. Sempet rem ada ngelos juga, kirain karena bunyi-bunyi ini, ternyata karena karet di master rem-nya, saat itu sekalian aja benerin, mayan hilang bunyinya tapi ga sampe seminggu dah bunyi lagi. Karena ga ada waktu akhirnya dicuekin dulu, sampe kemaren ada waktu dikit sempetin untuk cek kondisi piston calipernya (gambar 1).

Pertama-tama lepas caliper remnya, trus injak-injak pedal rem sampe piston nongol (gambar 2), tapi jangan kebanyakan keluar bisa lepas dan minyak rem keluar semua, kalau dah gini kudu bleeding minyak rem lagi, lagi males ngerjainnya aja sih....

 gambar 2 - piston caliper kotor
Terlihat di gambar 2, itu piston caliper udah nongol, sebenernya ada karet nya sampe dengan coakan (panah kuning) cuman udah aku dorong ke dalam sampe panah kuning juga biar piston ter-ekspose seperti terlihat di panah hijau. Nah area itu harusnya kinclong, ga boleh kotor seperti itu. Sementara suspectnya karena kotoran itu bikin seret dan bunyi.
 gambar 3 - bersih kinclong
Pakai amplas yang alus banget ama brake cleaner coba untuk hilangkan, ternyata bukan karat tapi kotoran yang rada lengket-lengket susah, baru setelah dikasi brake cleaner lebih mudah lepasnya.
 gambar 4 - tekan balik
Setelah itu tekan balik piston calipernya ke dalam, newbie tekan pakai C Clamp seperti cara yang lalu.. Minyak rem ada sebagian yang keluar, siram pakai air begitu karet sudah dibalikkan sampai ke coakan.
 gambar 5 - Pasang kembali, masih ada jarak
Terlihat di gambar 5, piston terlihat dikit dan ada jarak, injak-injak pedal rem supaya piston balik menekan kampas rem. Sekalian tes ada kebocoran minyak rem dan ada udara kejebak atau enggak. Waktu ditekan pedal remnya terasa firm yang artinya aman dari udara kejebak tapi karena belum nempel jadinya masih dalam. Terus injak sampe keras.
 gambar 6 - piston caliper kembali menekan
Sekali lagi cek, terlihat di gambar 6 karet boot untuk piston caliper tetap inplace, inspeksi kebocoran, newbie lepas caliper sekali lagi buat inspeksi dan test tekan lagi, double check perlu karena ini soal keamanan. Setelah itu tentu saja test drive dulu, pastiin pas keluar carport jalan pelan dan coba rem, abis itu tes muter-muter. Bunyi benar-benar tidak ada lagi sejak injakan pertama dicoba. Tekan rem kuat-kuat juga smooth, silent.
 gambar 7 - zoom out piston caliper in place
gambar 8 - brake cleaner yang newbie pakai
Done. Let's see apakah bunyi bakalan kembali muncul atau tidak. Hope not.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar