Sabtu, 20 September 2014

share ganti karet secondary piston master rem Aerio penyebab rem loss

 gambar 1 - secondary piston di master rem Aerio Old Model
 http://otodiy.blogspot.com 
Rem aerio ada bunyi-bunyi bahkan sebelum ABS sensor diganti, selanjutnya pas ganti kopling sekalian dibenerin ternyata cuman bertahan ga sampai sehari udah bunyi lagi. Karena kesibukan ga sempet ke bengkel jadinya dibiarkan dulu, pas ada kesempatan mau coba DIY bersihin rem, ternyata ga efek dan langsung tes cari bunyinya....bunyinya ternyata tepat di piston caliper cakram sebelah kanan, hmmm waktunya ga sempet nih, padahal rem mulai kadang bisa nge-loss alias ga berasa ngerem sampai harus lepas dan rem lagi. Akhirnya sabtu ini bawa deh ke bengkel Pak Jono biar kalau ada part yang diganti sekalian bisa dicarikan oleh orang bengkel. Diagnosa langsung mengarah ke master rem atas..... dalam hati alamak mahal nih x_x soalnya dulu pernah beli dan ganti master rem atas

gambar 2 - secondary piston master rem atas Aerio Old Model
Setelah dibongkar dicopot karet secondary pistonnya (gambar 1 dan gambar 2), anak panah merah itu tempat karet pistonnya yang udah dilepas dan dibawa ke toko untuk dicarikan barangnya. Keinget di pergantian piston master rem yang lalu kalau repair kit master rem atas aerio facelift seharga 400rb dan repair kit master rem aerio old model seharga 900rb. Waktu itu belinya aerio facelift yang ternyata secondary pistonnya buntu tanpa lubang seperti di gambar 1. Akhirnya yang diganti cuman primary pistonnya aja, berikut di gambar 3 dan 4 adalah hasil foto des 2013 yang lalu.


gambar 3 - repair kit master rem aerio

gambar 4 - atas secondary piston old model, bawah secondary piston facelift
Hadeh ternyata karet ga dijual terpisah dari pistonnya, akhirnya dicarikan karet padanan yang ukurannya sama, dapet punya toyota campur dengan suzuki katana. Fiuh kena 75 rb merk seiken.
 gambar 5 - untung dapet karetnya
 gambar 6 - karet padanan
 gambar 7 - ini karet campur-campur dari beberapa mobil
Setelah itu dipasang kembali dan di bleeding, hasilnya maknyus..... sedangkan piston caliper depan sekalian dibersihkan kiri kanan, hasilnya rem bebas bunyi dan bebas nge-loss.
 gambar 8 - nota bengkel
gambar 9 - nota pembelian
Jasa Overhaul master rem atas + Bleeding + Overhaul Rem Depan = 125.000
Minyak rem = 25.000
Kit master rem atas seiken JPN = 75.000
Total 225.000

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar