Minggu, 01 Februari 2015

DIY : mengganti saklar utama power window Next G dengan KW Avanza

 gambar 1 - alternatif main switch power window
http://otodiy.blogspot.com 
Sebenernya dah banyak info tentang alternatif main switch power window untuk Aerio / Next G first model (old model) yang dapat menggunakan avanza / xenia. Harga switch ori Aerio berkisar di harga 1.5 jt, sedangkan avanza kurang lebih di 1.4 jt....beda dikit, tapi avanza ada KW-nya yang seharga 250rb di tangomotor.com. Pilihan kantong mepet untuk dipakai.

Pertama bisa buka doortrim aerio / next g, atau bisa juga dengan cara mencongkel dari belakang power window sisi supir. Setelah dilepas nampak di gambar 1, sisi kiri adalah KW Avanza sedangkan kanan adalah ori Next G yang disertai dengan cangkang dan switch central lock.

Lepaskan saklar power window dari cangkangnya dengan melepas 2 sekrup yang ada sehingga terpisahkan seperti gambar 2.
 gambar 2 - kiri KW Avanza, tengah cangkang berikut tombol central lock, kanan ori Next G
Selanjutnya tinggal pasang saklar KW Avanza, plug and play saja, pasang sekrup jadi deh.
 gambar 3 - saklar avanza terpasang
Nampak dari 2 soket yang ada di KW Avanza, yang bagian atas tidak ada "kaki-kaki" nya sama sekali, sehingga soket yang atas tidak bisa dipasang / tidak berfungsi. Namun tenang aja, itu soket sebenernya untuk "sensor" dari motor power window Next G yang menganut 5 wire, tujuannya biar modul saklar power windownya bisa berhenti otomatis apabila ada obyek yang menghalangi menutupnya kaca. Kalau ga dipasang paling cuman ga otomatis turun aja, sedangkan fungsi auto up dan auto down dari kaca masih tetap bisa berjalan.
 gambar 4 - nampal sisi atas sesudah terpasang KW Avanza
Terlihat di gambar 4, tombol lock power window sisi pintu lain lebih kecil pada avanza sehingga kliatan agak "longgar" dari cangkangnya. Perbedaan lain dari tombol-tombol power window sedikit lebih kecil jadi ada speleng dikit dari cangkang, namun ga merubah fungsi dan ga bikin oblak kok. Tombol Auto tidak ada iluminasi cahaya seperti pada ori aerio / next g. Itu aja bedanya. Nampak di atas cangkang sisi atas yang gompal, itu karena kesalahan bengkel saat congkel, harusnya dari sisi belakang, lebih aman lagi kalau bongkar doortrim meskipun lebih ribet.
gambar 5 - testing
Setelah di test hasilnya lancar jaya, auto up dan auto down juga lancar.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar