Rabu, 06 Januari 2016

DIY : Ganti baut caliper Aerio yang patah {Kun Widodo}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Met sore kawan2.......siap2 mo plg dr kantor ya.....
Ijinkan utk nyampah lageee karna kadung janji tuk update postingan yg lalu ttg mur(baut) pegangan kaliper yang patah karna grease kering plus karat.....
Berikut step2nya sesuai urutan gambar/foto
1. Dudukan kaliper yg murnya patah (gambar.1)
Buat ngeluarin mur yg patah serahin ke bengkel bubut aja..... bayar 45k
Kalo punya mesin bor duduk bisa dikerjakan sendiri.
2. Baut set pegangan kaliper, terdiri dr:
- Baut panjang yg sebenarnya sbg mur, 2
- Karet boot, 2
- Grease warna pink 1 sct (ga kefoto)
 gambar 2
3. Semprot dg WD40 2 lubang dudukan kaliper (tempat mur bersemayam..) utk merontokkan kotoran dan sisa2 grease yg kering. Selanjutnya diamplas dg amplas halus.
 gambar 3
4. Keringkan dg kain.
 gambar 4
5. Masukkan grease yg sdh disediakan, ga usah byk2....nanti susah masukin murnya. Jgn lupa bagi 2 karna ada 2 lubang.
 gambar 5
6. Pasang karet boot dg benar pd dudukannya.
 gambar 6
7. Masukkan mur spt gb.2 sampai mentok pasang dg tepat, cirinya...kalau mur ditarik keluar karet ikut melar.
 gambar 7
8. Pasang dudukan kaliper pd tempatnya dan kencangkan 2 bautnya menggunakan kunci 17.
 gambar 8
9. Pasang plat2 yg ada, kampas rem dan kalipernya. Kencangkan bautnya dg menahan mur menggunakan kunci pas 14.
•) Lakukan untuk kedua kaliper.....kanan-kiri

gambar 9
Tips:
1. Lakukan langkah no. 3 sampai no.9 setiap ganti kampas rem.
2. Bila dilakukan di beres, minta kpd SA (Service Advisor) utk melakukan ritual spt di atas karna di beres hanya dibersihkan kampasnya saja (tgt beresnya juga sih...)
3. Gunakan grease khusus yg jenisnya RUBBER GREASE, kalo ga ada bisa pake grease bearing yg bagus.
4. Cek selalu ketebalan kampas rem, kalo sdh tipis mending ganti dg part yg berkualitas (SGP is recommended...)
Agar lebih jelas......silahkan pelototi fotonya

by Kun Widodo
sumber : facebook AIC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar