Share akibat caliper rem tertukar, bleeding rem tidak sempurna dan rem ngempos {Iron}

 gambar 1 - nepel menghadap ke bawah
otodiy.blogspot.com
Malam om dan tante sy mau berbagi pengalaman tentang pengereman. Awal cerita rem depan bagian kanan macet lalu sy bongkar ternyata pistonnya karat. Dibersihkan lalu di pasang lagi setelah beberapa kali buang angin dari semua ban,rem tetap ngempos. Akhirnya sy nyerah bawa kebengkel diponis sama montir master rem atas rusak,di coba ganti sealnya tetap ga bisa akhirnya beli baru sampai 3 x tuker barang rem tetap ngempos. Di cek lagi master rem belakang ternyata yg sebelah kanan macet karena karat coba di bersihkan dan sealnya di ganti semua masih tetap ngempos montirnya minta ganti yg baru akhirnya sy belikan yg baru dan di pasang hasilnya nihil rem masih ngepos. Akhirnya sy pindah bengkel recomendasi om ario di purwakarta setelah sy ceritakan permasalahan ke montirnya lalu si oreo di angkat pakai hidrolik ternyata masalahnya hanya sepele rem cakram/kepala babinya tertukar antara kanan dan kiri jadi si posisi nepel ada di bawah jadi angin tetap terjebak di piston depan. Terima kasih tuk semuanya yg telah memberi masukan.

gambar 2 - yang betul nepel menghadap ke atas

Kok bisa ketuker ?
Nah itu dia om yg bikin sy nyerah dan tidak kepikiran kalau kepala babinya tertukar. Karena awalnya sy betulin piston cakram hanya sebelah kanan aja dan yg kiri tidak di bongkar. Anehnya kenapa orang yg punya/bengkel sebelumnya bisa ngebuang anginnya dalam keadaan terbalik.

sy juga di bikin stres sama montir suruh tuker barang sampai 3 kali. Kalau belinya di om aris bisa bisa lebih stres lagi sy harus nunggu kiriman bolak balik :-D . Tapi untuk yg pertama sy tuker merk hasaki memang barangnya kurang bagus lalu sy tuker pakai merk birkens.

gambar 3 - diagram Front Wheel Brake
1. 55101-54G11-999 CALIPER, FRONT BRAKE RH
2. 55102-54G11-999 CALIPER, FRONT BRAKE LH
3. 55473-82030 .PLUG, BLEEDER
   55151-78451 PLUG,BLEEDER
4. 55156-66310 .CAP, BLEEDER PLUG
Perhatikan no 3, seharusnya menghadap ke atas bila pemasangan caliper benar.

by Iron
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}