DIY : stel CO / Lamda / AFR

Well, saya sendiri tidak pernah melakukannya. Untuk melakukan (baca memutar) baut/potensio pengaturan AFR/CO/Lamda bisa saja dilakukan sendiri, tetapi untuk mengetahui pasti nilainya maka diperlukan alat uji emisi. Sehingga praktis bila ingin melakukan penyesuaian sendiri maka berdasarkan feeling saja dari test jalan.
Meski demikian saya tetap mencoba menampilkan posisi / letak baut penyetelan tersebut pada Aerio / Next G, yaitu di bagian sopir. Foto berikut akan lebih berbicara banyak mengenai lokasinya :


gambar 1


gambar 2

Berikut saya sertakan grafik referensi :


gambar 3

Arah putar CO Adjuster menurut manual :
gambar 3

regards,
singachu

gambar 4 - CO Adjuster pada Suzuki APV

by dq1756

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6187369&page=233
Tambahan dari om Zindro tentang setelan CO Aerio

Tambahan:
Setelan CO menggunakan VR 50K (3 pin) dengan jumlah putaran 20~22.

Setelan Beres.
Ukur VR ujung ke ujung dengan multimeter 51,2K. Cabut setelan & diukur dg tester 11,9K dan 39,8K. (kait menghadap ke bawah).

Putar ke kanan 3 x 360 derajat
18K dan 33,8K.

Hasil pengukuran kurang akurat krn memakai multimeter murahan.
1. 11,9+39,8 = 51,7K
2. 18 + 33,8 = 51,8K

18-11.9= 6,1 (3 putaran)
Berarti 1 putaran penuh setara 2,03K
Dikonversikan ke putaran berarti ada sekitar 24 putaran.

Dg mengukur tahanan yg ada bisa dilakukan penyetelan lebih akurat dan dapat mengingat posisi awal shg jika kurang puas bisa dikembalikan ke posisi semula.

by Zindro

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}