{Frans-AIC 283} Report penggantian OCV yang menjadi sumber rembesan oli mesin.
sumber : milis AIC : aerioindonesia@yahoogroups.com
Rekan2,
Bagi yg belum tau bentuk OCV, ada beberapa foto yg masih kesimpan di HP ane.
Body OCV berbahan besi, tapi ada semacam konektor yg terbuat dr plastik.
OCV letaknya kira2 dibawah engine mounting kanan, diatas fan belt.
Jadi agak susah buat ngecheknya, tanpa copotin emon.
Kemarin ganti OCV, karena ngeliat ada ceceran oli di lantai.
Setelah buka kap mesin...alternator, belt, oil pan juga pada kena oli.
Pokoknya area mesin disebelah kanan pada ber-oli gitu.
Pertama2 curiga sama karter oli (oil pan), soalnya kayaknya oli netes dari sana.
Setelah oil pan seal ulang, ternyata masih ada rembesan oli juga :(
Akhirnya setelah cek dengan lebih seksama..... copotin semua belt, baru ketauan biang keladinya.
Ganti OCV bulan agustus tahun lalu (2011).
OCV : 538 ribu (sentosa atrium)
Jasa : 300 rb (beres cemput)
Laporan selesai.
Tx.
-----
Frans.
AIC 283|B2767QG
Rekan2,
Bagi yg belum tau bentuk OCV, ada beberapa foto yg masih kesimpan di HP ane.
Body OCV berbahan besi, tapi ada semacam konektor yg terbuat dr plastik.
gambar 1 - OCV
OCV ane waktu itu ada rembesan olie di area antara besi dan konektor yg hitam itu (kotak merah). sedangkan sealnya sendiri masih bagus.
gambar 2 - OCV
OCV letaknya kira2 dibawah engine mounting kanan, diatas fan belt.
Jadi agak susah buat ngecheknya, tanpa copotin emon.
Kemarin ganti OCV, karena ngeliat ada ceceran oli di lantai.
Setelah buka kap mesin...alternator, belt, oil pan juga pada kena oli.
Pokoknya area mesin disebelah kanan pada ber-oli gitu.
gambar 3 - Letak OCV
Pertama2 curiga sama karter oli (oil pan), soalnya kayaknya oli netes dari sana.
Setelah oil pan seal ulang, ternyata masih ada rembesan oli juga :(
Akhirnya setelah cek dengan lebih seksama..... copotin semua belt, baru ketauan biang keladinya.
Ganti OCV bulan agustus tahun lalu (2011).
OCV : 538 ribu (sentosa atrium)
Jasa : 300 rb (beres cemput)
Laporan selesai.
Tx.
-----
Frans.
AIC 283|B2767QG