DIY : Modif dan perbaiki pompa angin kaki

Newbie kebetulan liat ada pompa kaki double tabung yang mirip dengan yang newbie punya sebelumnya. Mayan nih satu bisa dibawa-bawa satu bisa ditaro di rumah, sengaja pilih yang berupa tabung bukan batang besi untuk yang bisa keluar masuk, karena kalau yang batang besi sering kalah/pecah di bagian plastik pistonya dan tidak bisa diperbaiki lagi. Kebetulan murah harga pompa ini 50rb, tapi ternyata setelah dipakai untuk memompa berat dan angin tidak masuk.....
Akhirnya diputuskan untuk modif selangnya dan sekalian cop pentil/cop pompanya dengan yang bagus. Beli di toko sepeda pancal/ontel selang + cop seharga kurang dari 10rb, plus klem kira-kira 2xRp1500,-

 gambar 1 - Kiri Pompa double tabung, Kanan pompa lama yang masih Te O Pe Be Ge Te
 gambar 2 - Beda merk, setelah dibandingkan berjejer dengan pompa lama, kualitas menang pompa lama


 gambar 3 - Selang bawaan dilepas
Copot dulu selang bawaannya
 gambar 4 - selang sudah dilepas
Kemudian pasang selang yang baru dan cop yang baru, jangan lupa diklem supaya kuat.
 gambar 5 - Posisi jarum miring, cuek dah ga begitu akurat kok, mending pake pengukur tekanan terpisah aja
gambar 6 - selesai
Test pompa ban sepeda motor, OK, ban mobil OK, ban sepeda pancal yang butuh tekanan sampai 60 PSI (jauh dibanding ban mobil yang 30 an PSI) mayan berat juga ngijaknya karena double tabung, sampai pakai berat badan untuk nginjek... well yang penting fungsi dan harusnya dengan jumlah injekan yang sama lebih cepet dari yang satu tabung....tapi soal kecepatan mungkin enakan yang single tabung karena lebih enteng.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}