Selasa, 05 Januari 2010

DIY : Perbaiki pompa angin manual

Karena ada komentar blog http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-isi-angin-ban-dengan-pompa-manual.html yang berisi pertanyaan tentang perbaiki selang pompa angin manual yang bocor, newbie buat foto-foto tentang perbaikannya. Pompa angin manual yang newbie punya pernah rusak, baik "meleduk" maupun bocor di cop pentilnya.




Perbaikan selang atau cop busi.



Modal perbaikan yang newbie keluarkan tidak lebih dari Rp5000,- untuk membeli selang (warna hijau) 1 meter dan cop pentil (warna putih).
Selang merah yang paling atas adalah selang untuk perbaikan pompa newbie yang lama (terlalu pendek dan cop pentilnya tidak enak dipakai karena keburu banyak angin dari ban yang lepas), selang merah yang kedua adalah selang bawaan pompa yang cop nya bocor.



Gambar di atas terlihat ujung yang masuk ke body pompa, sebelah kiri adalah kondisi lengkap -termasuk "baut", sebelah kanan adalah bekas yang rusak - terlihat tidak ada "baut" nya karena "baut" nya tetap terpasang pada body pompa untuk dipakai oleh selang hijau. Waktu beli selang hijau memang tidak termasuk "baut"nya.


 

Untuk pemasangan tinggal cabut selang lama (tidak perlu diulir agar "baut" tetap menancap pada body pompa). Bila keras, injak pompa pakai kaki dan cabut selangnya. Setelah tercabut tinggal tancapkan selang yang baru ke "baut" yang tertinggal di body pompa.




Ini adalah ujung selang yang menuju ke pentil roda.




Nah ini posisi terlepas, tinggal cabut.


-----



Terlihat di atas, "bagian" yang keluar masuk ke tabung merah berbentuk tabung juga. Berbeda dengan milik newbie sebelumnya yang hanya berupa "batang besi". Ntah apakah lebih bagus atau tidak, tapi terlihat lebih kokoh. Terbukti waktu sama-sama "meleduk" yang batang besi rusak di uliran plastiknya, sedangkan yang merah ini masih bisa diperbaiki.



Untuk memperbaiki tinggal putar ring penahannya (ada tongolan yang menahan), awal-awal memang harus dicongkel pakai obeng minus, tapi setelah pernah dibongkar mudah saja untuk memutarnya. Terlihat foto di atas adalah bagian yang ada di dalam tabung merah. Di sana juga ada O-Ring karet yang umum bisa dibeli di toko.




Tabung merah tidak ada apa-apanya hanya berupa tabung kosong saja.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar