{NGB} Share perawatan, perbaikan dan modifikasi APV tipe A selama lebih dari 8 tahun 240ribu KM


Halo gan, ikut nimbrung... selama ini cuma baca2 aja.

Sedikit share punya ane ya..
APV ane tipe A 2005, beli dari baru, selama hampir 8 tahun, ini mobil ga pernah rewel, belum ada keluhan yg berarti. KM sudah 240.000 lebih.
Mobil di gunakan untuk rental/travelan.
Selama 8 tahun yang pernah diganti :

  • 1x motor kipas pd 2011 diganti pake original
  • 1x bos plastik di steering rack pd november 2012 diganti pake original (mobil ane masih steering with power bukan power steering )
  • 1x long tie rod sebelah kanan pd 2011 diganti pake original
  • 2x ganti timing belt (lupa tahunnya) selalu diganti original
  • 2x ganti freon (lupa tahunnya) di bengkel ac
  • oli pake prima XP 10w-40 diganti tiap 10.000 km, kadang suka lewat sampai 13.000-an
  • filter oli diganti kalo lagi inget diganti pake ori
  • filter udara (sakura) diganti kalo udah item, treatmentnya cuma ditiup kompresor aja.
  • tune up di BERES cuma pas gratis aja, selebihnya DIY (manual/ tidak pernah cek pake komputer)
  • 1x stel klep di 2011, karena udah kedenger berisik aja.
  • Kampas rem (ga ke itung) tapi selalu diganti pake Ori
  • 2x ganti plat kopling + mataharinya. (selalu Ori)
  • 1x ganti bearing depan kiri di 2010 (pake Ori)
  • 1x ganti bearing depan kanan di februari 2013. ( nyoba pake kw 2) katanya banyak yang pake dan awet. merk UNIFAR
  • 1x ganti oli rem secara keseluruhan sekalian dibersihkan selang2nya di 2011
  • 2x di cekokin. ( katanya ini cara di amerika untuk bersihin karbon di ruang pembakaran pake oli rem, dimasukin ke ruang bakar dengan RPM tinggi, ini kata org yg pernah di amrik) dan sudah coba ternyata oke.
  • Busi lupa berapa kali ganti


Modifikasi :

  • Ganti kaca belakang kiri kanan dan kaca bagasi sama kaca besar.
  • Shockbreaker depan pake kayaba ultra, belakang pake taruna (kalo ga salah)
  • per depan potong 1 lingkaran.
  • berhubung tipe A joknya ga bisa dilipat, (sering kesulitan kalo muat barang banyak) jok tengah dan belakang diganti pake jok luxio yg dijadiin ambulan. harga jok apv GX 1 baris bisa dapet 2 baris jok luxio , sehingga harus membuat dudukan baru buat jok Luxio tsb. Diganti Januari 2013.

gambar 1 - Jok Luxio dipasang di APV tipe A






Seluruh pengerjaan DIY kecuali ganti timing belt, plat kopling+matahari dan press bearing roda depan.
Kondisi mobil: masih Top, masih bisa dibawa lari diatas 160 km/h
next project : ganti ke power steering DIY. ( dilengkapi foto2nya)

*semua keterangan di atas adalah apa adanya bukan mengada ada.



by NGB
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova