Share pengantian timing chain dan pembersihan sludge {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - sludge di cylinder head cover
Hari ini si Bluey minta jajan.... karena udah janji..ya udah diturutin.
Filter oli - 45rb
Belt 4pk 835 - 55rb
Belt 4pk 1010 - 75rb
Tensioner belt - 815rb
Water pump - 545rb
Timing chain - 520rb
Guide timing chain 1 - 170rb
Guide timing chain 2 - 365rb
Oil shell helix - 300rb
Cleaner jet - 35rb
Busi Bosch Platinum - 100rb
Ongkos bongkar pasang plus bersihin oil sludge 500rb
Ongkos angkot - 2500

Timing Chain ama guide timing chain diganti karena ada indikasi aus.
daripada ntar kedepannya bongkar lagi... ya sekalian ganti deh


Dikasih bonus :
Teh botol 2 biji
Rokok sebungkus.
Shift knob Suzuki replikaan
Pedal set Suzuki Sport replikaan
Apexy turbo timer replikaan... mayan lah bisa buat mantau accu


Kondisi mesin terpasang bisa dilakukan proses ganti timing chain.
cuma engine mounting yg dideket daerah timing chain harus dibuka.
Ribet juga liatnya soalnya banyak yang harus dibuka... Untung saya serahin aja ke temen yg punya bengkel mesin.
Kalo saya sendiri sih kayaknya ga akan mampu beres sehari.
Kecurigaan saya juga mesin pernah dibuka.
Soal timing chain ama guide chain ada indikasi aus, ntar saya fotoin.. bluey beres dioprek dan dianter ke rumah pas udah gelap sih..

Ngebersihinnya :
cam nya dibuka wkwkwkwkwkw
trus dibersihin hati2 banget pake kuas dan engine flush, trus disedot keluar pake selang. soalnya ditakutkan sludge nya bikin mampet. Sekalian stel klep.

gambar 2 - Cylinder head cover 
 gambar 3 - camshaft penuh sludge
gambar 4 - bonus
sesuai janji lagi nih... tapi baru timing
chain nya doang.. lupa naro guide
timing chain 1 dan 2 nya.
kondisi timing chain secara kasat
mata sih no problem.
tapi timing chain nya susah untuk dibengkok2 / dilurusin.
ibarat rantai sepeda motor yg berkarat. kalo mau di lurusin harus ditekan/ditarik pake tenaga.
analisa montir bengkel temen sih itu akibat pemakaian oli yg salah, atau pemakaian oli yg terlampau lama gak diganti.
apalagi setelah nemu banyak oil sludge... biar aman diganti aja.
 sebenernya bisa aja ga dilepas juga.. pas engine dinyalain ada bunyi2 " srek srek srek " tapi di kasus saya sih... ga kedengeran krn bearing tensioner nya lebih ribut lg..
gambar 5 - Timing Chain

by Aditia Ekalaya
sumber : facebook aic


Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : headlamp adjust Nissan X-Trail T32 {wemphy}

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}