DIY : injector cleaning Innova VVT-i {ipah2.0v}
gambar 1 - proses injector cleaning
http://otodiy.blogspot.com
malem KIOC, sekedar mau share aja nih beberapa step by step untuk
injector cleaning di ipah vvt-i. mudah2an jelas n bisa membantu yah.
monggo langsung disimak step by step nya :
1. lepas throttle body, langkah nya bisa lihat di DIY terdahulu di : http://otodiy.blogspot.com/2014/04/diy-tutorial-polish-throttle-body.html
2. lepas selang bensin dan selang balik bensin (LIHAT FOTO gambar 2)
gambar 2 - lepas selang bensin
gambar 3 - selang terlepas
3.lepas soket injektor yang ditunjukkan oleh tanda panah (LIHAT FOTO)
gambar 4 - lepas soket injector
4. lepas baut pemegang fuel rail pakai kunci 12 (LIHAT FOTO). lalu angkat fuel rail dan injektor dari intake manifold.
gambar 5 - baut pemegang fuel rail
5. fuel rail dan injektor terlepas. perhatikan ujung badan injektor yang hitam dipenuhi kerak.
gambar 6 - fuel rail dan injector
6. kondisi injektor yang sangat kotor.
gambar 7 - injector kotor
gambar 8 - ngeri euy...
7. lubang2 injektor yang mampet karena kerak. pada ke-4 injektor, dari 12 lubang rata-rata separo mampet tertutup kerak.
gambar 9 - lubang-lubang injector mampet
8. kondisi keseluruhan injektor. PARAH
gambar 10 - kondisi keempat injector
9. singkat cerita, cleaning dimulai dengan membersihkan bagian luar
injektor dulu. ane semprot pake carb cleaner sampe rontok semua kerak
nya dan langsung tampak kinclong nya. berikut penampakan bagian luar
injektor setelah dibersihkan.
gambar 11 - setelah pembersihan luar
10. bagian luar udah bersih. sekarang inti dari cleaning. untuk peralatan serta rangkaian nya langsung simak di foto yah.
gambar 12 - rangkaian dan alat untuk cleaning injector
11. ini pertemuan antara injektor dan carb cleaner nya. jadi kepala
nozzle semprotan carb cleaner nya dilepas dulu lalu bagian input
injektor ditemukan dengan bagian output carb cleaner. (LIHAT FOTO)
gambar 13 - jalur bensin masuk dipertemukan dengan nozzle kaleng carb cleaner
12. setelah semua siap. tekan saklar rangkaian sampai terdengar suara
klik dari injektor lalu tekan injektor agar carb cleaner menyemprot.
lakukan berulang kali sampai semprotan yang keluar dari injektor
mengkabut sempurna seperti berikut ini.
gambar 14 - beri arus dan tekan injector ke kaleng carb cleaner
gambar 15 - ini yang agak jelas semprotannya
13. setelah semua injektor dibersihkan dan mengkabut sempurna, berikut
hasil akhir nya. sekarang semua lubang injektor sudah terbuka semua.
gambar 16 - sekarang semuanya bersih
14. daleman fuel rail sekalian ane semprot pake carb cleaner.
gambar 17 - bersihkan fuel rail
15. setelah semua bersih, rangkai injektor pada fuel rail.
gambar 18 - rangkai kembali
16. pasang kembali pada mesin dengan langkah kebalikan.
17. lakukan reset ECU and you're done
hal yang diamati pada proses cleaning :
- injektor 1,2, dan 4 butuh 5x spray sampai bisa mengkabut.
- injektor 3 butuh sekitar 12x spray sampai bisa mengkabut.
- hasil semprotan injektor pada spray pertama yaitu masih berupa
butiran, yang paling parah pada injektor nomer 3 hanya keluar dari 2
lubang dan semprotan nya ngencing.
- karet2 sil injektor masih bagus belum ada yang getas atau sobek.
sekian dan salam KIOC
by ipah2.0v
sumber : kaskus KIOC
Untuk Nozzle / injector mesin diesel Commonrail bisa pakai cara ini juga ya sob?
ReplyDeleteBTW... Saya mekanik bengkel pompa injeksi diesel tapi belum pernah menangani common rail (keterbatasan pengetahuan dan alat service). Salam kenal
salam kenal, aku bukan mekanik. Biasanya cara ini buat bensin sih. Yang aku tau kalau diesel pakai cara purging. Tapi secara prinsip harusnya sama.
DeletePurging innova diesel :
http://otodiy.blogspot.co.id/2014/06/diy-purging-innova-d-4d-zabdoel.html
Mas, apakah kaki injector ada + dan - yg mau di konek ke aki? Apa bebas + dan - nya?
ReplyDeleteTrimakasih
makasih mas, terbantu banget kita ama postingan ini.
ReplyDelete