Jumat, 25 April 2014

DIY : Tutorial polish throttle body innova VVT-i {ipah2.0v}

gambar 1 - DIY polish Throttle Body Kijang Innova VVT-i
sore KIOC, ijin share kerjaan ane tadi siang yaitu poles throttle body di ipah vvti. monggo disimak step by step nya :
1. lepas dulu pipa filter udara nya. caranya lepas selang yang ditandai panah merah, lepas baut yg ditandai panah hijau pake kunci 10 dan lepas klem pipa filter yg ditandai panah kuning pake obeng kembang (LIHAT FOTO)

 gambar 1 - lepas pipa filter udara
2.pipa filter terlepas.
 gambar 2 - pipa filter
3. lepas soket kabel motor throttle gas. (LIHAT FOTO)
 gambar 3 - lepas socket Drive By Wire
4. soket kabel terlepas.
 gambar 4 - socket drive by wire
5. lepas baut dan mur yang mengikat throttle bodi ( 2 mur dan 2 baut)pake kunci 10. lepas juga selang coolant yang mengarah ke throttle body (LIHAT FOTO)
 gambar 5 - baut TB dan selang coolant
6. selang coolant terlepas
 gambar 6 - selang coolant lepas
7. angkat throttle body
 gambar 7 - throttle body
ini belakang nya, kotor kena uap oli tapi dilap aja gampang kok ilang nya.
 gambar 8 - belakang throttle body (bagian yang mengarah ke intake manifold)
8. pertama ane amplas pake amplas grit 360.
 gambar 9 - amplas grit 360
9. arah pengamplasan harus searah dengan gerakan yang melingkar agar hasilnya bagus.
 gambar 10 - amplas melingkar searah
10. hasil pengamplasan
 gambar 11 - hasil pengamplasan
11. setelah pengamplasan dengan grit 360 dirasa cukup, ane ganti pake grit 1000
 gambar 12 - amplas grit 1000
12. hasil pengamplasan dengan grit 1000, udah halus n mulai tampak mengkilap.
 gambar 13 - hasil amplas grit 1000, mulai mengkilap
13. ane perhatikan kok bibir throttle body terlalu menyiku, lalu ane berniat mebuat nya lebih membulat supaya aliran udara lebih lancar (LIHAT FOTO)
 gambar 14 - bibir menyiku hendak dilandaikan
14. lalu ane kikis bibir throttle body nya pake bor yang ane kasih mata bor batu grinding.
 gambar 15 - kikis bibir dengan batu grinding
15. setelah pengikisan cukup, haluskan bagian yang dikikis dengan amplas sampai halus. arah pengamplasan mengikuti sudut yang dibuat tadi (LIHAT FOTO)
 gambar 16 - amplas lagi bibirnya
16. ini hasil pengamplasan nya, bibir throttle body udah keliatan membulat (LIHAT FOTO)
 gambar 17 - hasil pengamplasan sudah membulat bibirnya
17. siapkan autosol untuk mengkilapkan dan melicinkan bagian yang telah diamplas tadi.
 gambar 18 - autosol
18. poles terus sampai dirasa cukup licin dan mengkilap. berikut ini hasil nya.
 gambar 19 - hasil poles autosol
poles terus ampe kinclong gan...hehe
 gambar 20 - kinclong
yang dibelakang skep nya jangan lupa dipoles juga ampe kinclong.
 gambar 21 - bagian belakang juga di polish
19. FINAL RESULT AND INSTALLED.
gambar 22 - install ulang

hasil yang dirasakan :
- putaran bawah sudah terasa enteng nya.
- mulai rpm tengah sekitar 2000 rpm, tenaga kuat banget, putaran atas belum tes.
oh iya, setelah pekerjaan selesai jangan lupa reset ECU. kalau cara ane, lepas sikring ECU-B, EFI, ECU-IG, ETCS, INJ. diamkan beberapa menit (kalo ane sekitar 5 menit) kemudian pasang kembali.

selamat mencoba gan 

by ipah2.0v
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar