Share test akurasi ifc-meter untuk mengukur Fuel Consumption Innova part 2
gambar 1 - hasil test akurasi tahap dua
http://otodiy.blogspot.com
Kali ini merupakan lanjutan test dan kalibrasi ifc-meter yang sudah dilakukan di tahap satu. Di tahap yang lalu didapat hasil pengukuruan sebagai berikut :
Sebelum dilakukan koreksi (SP Corr = 1.00 dan FC Corr = 1.00) :
IFC-meter : 9.7 Km/Liter (356.8 / 36.6 = 9.75 km/liter)
Manual Full to Full : 357.9 / 35.64 = 10.04 Km / Liter
Selisih : 0.29 Km/Liter (2.89%)
Simulasi setelah dilakukan koreksi (SP Corr = 1.00 dan FC Corr = 0.98) :
IFC-meter : 9.9 Km/Liter (356.8 / 35.87 = 9.94 km/liter)
Manual Full to Full : 357.9 / 35.64 = 10.04 Km / Liter
Selisih : 0.1 Km/Liter (0.996%)
Hasil pengukuran saat ini (SP Corr = 1.00 dan FC Corr = 0.98)
IFC-meter : 9.3 Km/Liter (371.3 / 39.7 = 9.35 km/liter)
Manual Full to Full : 372.3 / 39.47 = 9.43 Km / Liter
Selisih : 0.08 Km/Liter (0.848%)
Manual Full to Full : 372.3 / 39.47 = 9.43 Km / Liter
Selisih : 0.08 Km/Liter (0.848%)
Apabila di simulasi tahap pertama, newbie memilih opsi keempat dengan melakukan SP Corr = 1.00 dan FC Corr = 0.97, di perhitungan yang lalu didapat Selisih 0.01 Km / Liter (0.099%) maka simulasi pengukuran tahap ini akan menjadi :
trip IFC Meter
= Pengukuran trip IFC Meter / SP Corr sekarang x SP Corr simulasi
= 371.3 / 1.00 x 1.00
= 371.3 km
bensin IFC Meter
= Pengukuran liter bensin IFC Meter / FC Corr sekarang x FC Corr simulasi
= 39.7 / 0.98 x 0.97
= 39.29 liter
FC IFC Meter simulasi = 371.3 km / 39.29 liter = 9.45 Km / Liter
Dibandingkan dengan FC Manual Full to Full = 9.43 Km / Liter
Selisih : 0.02 Km / Liter (0.212%)
Lagi-lagi dari simulasi kedua ini, opsi keempat dengan melakukan FC Corr sebesar 0.97 nampak lebih mendekati perhitungan manual full to full dibandingkan dengan opsi FC Corr sebesar 0.98. It's a matter of choice saya rasa, mau lebih akurat tapi IFC Meter menampilkan hasil lebih besar dari aktual ataukah sedikit agak jauh selisihnya tapi IFC Meter menampilkan hasil lebih kecil dari aktual.
Kesimpulan :
Menegaskan kesimpulan dari tes tahap pertama, hasil pengukuran IFC-Meter cukup akurat dan dapat dijadikan acuan pengukuran manual. (pengukuran dengan metode full to full, jarak berdasarkan odometer mobil, liter bensin berdasarkan meteran POM bensin di POM yang sama). Tingkat keakurasian bahkan masih bisa dikalibrasi lagi memanfaatkan koreksi jarak (SP Corr) maupun koreksi jumlah bensin (FC Corr) sehingga didapatkan selisih akurasi 1% bahkan bisa kurang dari 1%
gambar 2 - trip record yang dilalui untuk mendapatkan total Fuel Consumption
gambar 3 - trip record yang dilalui untuk mendapatkan total Fuel Consumption
That's it untuk test akurasi dan kalibrasi IFC-Meter.
Di gambar 2 dan 3 hanyalah history trip yang terjadi sampai mendapat overall FC seperti di gambar 1, dari history trip dapat terbaca durasi mesin hidup, jarak yang ditempuh, liter bensin yang terpakai dan FC untuk trip yang bersangkutan, termasuk RPM maksimal yang terjadi di trip tersebut dan Kecepatan kendaraan maksimal yang terjadi di trip tersebut. Bisa saja dilakukan pembahasan dari trip-trip record tersebut, tapi newbie tidak ada minat untuk melakukannya.
regards,
singachu