Report perbaikan OCV dan Power Steering yang rembes oli di bengkel Jono

 gambar 1 - dua sumber rembes oli
 http://otodiy.blogspot.com 

Dari beberapa waktu yang lalu udah ketahuan kalau ada rembesan oli di samping mesin, setelah betulin AC duluan, sekarang waktunya betulin rembesan. Pengerjaan serahkan ke bengkel pak Jono aja, secara kalau di samping mayan sempit dan bikin badan pegel-pegel kalau ngerjain sendiri :D. Ternyata setelah di cek, suspect rembesannya dari dua sumber yaitu OCV dan baut pressure relief Pompa Power Steering, penyakit yang sama dengan Next G yang pernah dibetulkan beberapa waktu lalu (baca di sini untuk perbaikan OCV Next G dan di sini untuk perbaikan seal baut Power Steering)
Karena sama persis, newbie ga foto detail.

gambar 2 - Istirahat dulu, waktu habis gara-gara ada baut stubborn 
 gambar 3 - baut pangkon kompresor AC, kehalang pipa freon bikin pusing bukanya
 gambar 4 - OCV di bongkar
 gambar 5 - baut pressure relief valve PS dibongkar
 gambar 6 - baut kalau terpasang
 gambar 7 - Set O Ring, ada yang tembaga juga ga kefoto
gambar 8 - Nota
Ongkos kerja 100.000
Lem besi 15.000
1 set O ring PS 35.000

Pagi ini test, ternyata belt AC masih bunyi kalau AC dinyalakan, baru hilang setelah beberapa lama dinyalakan. Mungkin pulley-pulley perlu dicuci bersih dan sisa-sisa oli.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten