DIY : Ganti oli, filter oli, tune up sederhana Aerio {Kun Widodo}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
DIY ganti oli, filter, tune up sederhana.

Persiapan mau jalan jauh mencari spare part ke barat
Yang dikerjakan

  1. Ganti oli l, Bardahl Super Pulsar-N 10w-40
  2. Ganti filter oli, SGP APV/Futura
  3. Ganti filter udara, APEX (punya 2 utk serep)
  4. Aditif oli mesin, Bardahl B2
  5. Carbon cleaning sederhana, KX Carb Cleaner
  6. Engine flush, Prestone (tdk terdokumen dlm video)




Cara kerja
  1. Dongkrak depan mobil agar terangkat
  2. Panaskan mesin 15 menit, lalu matikan
  3. Masukkan Engine Flush ke dalam mesin
  4. Nyalakan mesin lagi 15 menit, lalu matikan
  5. Tap oli mesin
  6. Buka cover mesin, cabut koil, buka busi
  7. Mulai carbon cleaning, semprotkan KX Carb Cleaner ke dalam lubang busi, masing2 5 detik (suka2 sih.....bukan jd patokan)
  8. Buka box filter, bersihkan filter udara. Saya pakai filter APEX jd masih bisa dibersihkan (lihat video dan perhatikan apa yg saya ucapkan)
    Kalau pakai filter setandar......ya lebih baik diganti baru, bisa pakai punyaan Futura Injeksi, harga sekitar 80an ribu.
  9. Bersihkan busi dan cek gap elektroda, 1.1mm (lihat video)
  10. Lepas filter oli, kalau ga punya kunci khusus utk lepas filter oli bisa dengan cara mekanik kampung. Caranya; tusuk badan filter oli pake obeng min kecil sampai kira2 setengah badan filter lalu dilanjut dg obeng yg besar (oli pasti ngocor) lalu obeng diputar berlawanan arah jarum jam sampai filter bisa dilepas dg tangan.
  11. Kalau carb cleaner masih ada, semprotkan lagi ke dalam lubang busi. Habiskan saja 1 kaleng (saya habis 3 kaleng krn buat bersihkan filter udara, busi dan kerak debu-oli yg nempel di bbrp tempat)
  12. Pasang filter oli, dikencangkan cukup dg kekuatan tangan saja, ga perlu kunci khusus.
  13. Tuang oli mesin (lihat video)
  14. Pasang busi, koil (lihat video)
  15. Pasang filter udara (lihat video)
  16. Mulai start mesin (lihat video)
  17. Biarkan mesin idle sampai panas (kipas rad muter), lalu matikan
  18. Masukkan aditif oli B2 ke dalam mesin (lihat video)
  19. Nyalakan mesin lagi kurleb 15 menit, disambi beres2 alat dan bahan plus cuci tangan sampai bersih
  20. Catat KM sekarang sebagai panduan ganti oli berikutnya, atau bisa juga catat di Trip meter spido (bisa trip A atau Trip B)
  21. Bawa jalan mobilnya muterin komplek, kalau perlu masuk tol dan jalankan high speed.
  22. Selesai

Salam AIC
#AIC482

#oprekdewek
#ngirit

gambar 2 - busi

video 1 - Bersihkan filter udara dan busi
gambar 3 - semprot lubang busi

video 2 - Ganti oli dan filter oli
gambar 5

video 3 - Nyalakan mesin dan baca OBD
video 4 - Oli additive Bardahl

Aditif 350ml, oli mesin aku kurangi segelas om sekitar 250an mili. Kalau tanpa aditif sih segalon 4 liter masuk semua.
Alasan kenapa oli diganti dulu sebelum lubang busi disemprot cairan pembersih : Rasional saya kalaupun ada cairan masuk nyampur oli ga akan lbh dr 5cc, lagian cairan carb cleaner cepat menguap,juga ring piston kan ada bbrp lapis... Jd menyusupnya ga akan banyak.
Oli dikuras akhir juga boleh.... Hanya saja saya lakukan spt di atas agar bisa melakukan pekerjaan lain sambil nunggu oli habis dan carbon mencair.
Plat lubang yg di filter itu katanya sales buat mengoptimalkan udara yg masuk (katanya lho ya.....) wong saya merasakan juga ga ada efek. Kalau om pernah denger merek Q-Max, itulah yg aku pasang namanya Q-Max Nano Air.

by Kun Widodo
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : troubleshoot ABS dengan scan error code ABS serta perbaikannya

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}