Komparasi LED autovision Carbon P1, E3 dan HID pada Xpander {Nugroho Prasetyo}

 gambar 1 - autovision Carbon P1
otodiy.blogspot.com
Setelah hampir 2 tahun pakai Headlight E3, kemarin mendapat kesempatan untuk mencoba Headlight LED branded, Autovision, tipe Carbon P1. Dengan harga 2x lipat E3, kira-kira apakah worth it?

Secara teknis yang cukup signifikan adalah daya-nya, Autovision Carbon P1 (kita sebut saja P1 biar ga capek nulisnya) mengkonsumsi daya sebesar 45 watt, compared to E3 yang 30 watt berarti harusnya 1,5x lebih terang dari E3. Daya 45 watt ini masih dibawah lampu halogen standar yang 55-60 watt. Besarnya daya biasanya berbanding lurus dengan jumlah titik chipset, kalau diperhatikan, di P1, ada 24 titik chip LED yang terbagi dalam 4 lempeng masing-masing 6 titik per lempengan, sementara di E3 ada 16 titik secara total. Makin banyak jumlah titik LED yang ada, makin pekat cahaya-nya...

Dari sisi warna, di spesifikasi tertulis 5700K, sementara di label pada kabel LED tertulis 6000K, entah mana yang akurat, tapi jika dibandingkan dengan LED E3 yang 6500K memang P1 ini terlihat lebih kuning kemerahan.

Dari sisi fisik, P1 juga punya kipas/fan untuk membantu pelepasan panas, ditambah lagi menurut distributornya, P1 dilengkapi cairan pendingin yang bertugas mempercepat transfer panas ke heat sink. Selain kipas/fan, driver LED ini terpisah dari bonggol LED-nya, berbeda dengan E3 yang sudah menjadi satu. Karena drivernya terpisah, heatsink-nya menjadi tampak ramping dan simple.

Secara umum saat dinyalakan, P1 memang memiliki cahaya yang lebih pekat dibanding E3 dan dengan warna yang agak kekuningan, kelihatannya akan sangat mumpuni jika digunakan di saat hujan nanti (kebetulan belum ketemu hujan). Bentuk cutoff-nya pun cukup baik dengan fokus cahaya yang lebih tebal di tengah-tengah.

Kesimpulannya, P1 bisa dikatakan masuk di LED level high-end diatas E3 (level menengah) dengan harga 2x LED E3 namun masih dibawah LED branded lainnya apalagi jauh di bawah LED xp cross yang harus ditebus secara assy, LED Carbon P1 ini bisa menjadi alternatif bagi yang merasa belum cukup puas bila menggunakan E3 namun merasa sayang jika harus menebus headlamp xp cross assy....

Catatan: Sempat P1 disandingkan dengan HID Projie, hasilnya...? cadasss...! (walaupun perbandingan-nya ga apple-to-apple, tapi cukup bikin kepo lah...)

Specs:
- H4 LED Chipset Bridgelux
- 5700 K (Agak kuning)
- 2x 4500 Lumens 
- Plug-and-play

DC: 1.7jt
 gambar 2 - Total ada 24 titik LED dalam 1 lampu P1 ini
 gambar 3 - Pakai liquid sebagai pendingin tapi gimana flow-nya ya?
 gambar 4 - aman ga buat silau
hujan sinarnya tembus banget om... Jauh berasa bedanya pas ujan
 gambar 5
gambar 6 - Lebih terang dari HID projie?

video 1 - perbandingan sinar Projie HID vs LED Carbon P1

by Nugroho Prasetyo
sumber : facebook XMOC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}