Kamis, 28 Januari 2010

{kijangtua} ganti kopling, CKP - CMP, CV Joint

kumpulan report bro kijang Jan 2010 berkaitan dengan ganti kopling, grease ulang cv joint, dsb. Merupakan kelanjutan dari pembelian part kopling set yang sudah dilakukan sebelumnya (baca di sini) serta pembelian sensor CKP (baca di sini)

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=159950480#post159950480

pada 26 Jan 2010 bro kijangtua posting :
langsung report...

habis dari bengkel... yang dikerjain
- ganti kopling (kopling, dekrup, deklaher, pilot bearing, sil kruk as)
- ganti grease cv joint atas bawah dan kiri kanan...
- pasang sensor crankshaft
- ganti drive belt ( 2 buah beltnya)
- setel dan bersihkan rem depan belakang
- ganti minyak rem
- ganti minyak kopling
- ganti minyak PS

total biaya jasa kena 300rb... orang bengkelnya bilang gini "kalo kemahalan bilang ya" tanpa nawar lsg gw bayar... soale di BERES ganti kopling aja kena 500rb

segera gw upload fotonya deh...

tenkyu..
---

sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?p=159653860#post159653860


Quote:
Originally Posted by kasus88. View Post
reviewnya om kalo dah ganti....letak tepatnya ckp di mana si om ?

trus mekaniknya si om, waktu pasang kopling set pake alat apa untuk mastiin center semua kepasangnya ?

sejak kasus om ndy serem juga ya kalo pasang kopling ngasal....
kalo dr pengalaman dulu ganti kopling, si montir gak pernah make alat apa2 buat mastiin center apa tidak, cuma plug play aja....
btw problem om ndy itu apa ya? gw sempet konsultasi juga ama mereka, gw bilang aja gini, temen saya baru ganti kopling aerio, trus rasanya kayak ada yg selip gitu waktu oper gigi gak langsung berasa narik, terasa agak telat tenaganya, si montir bilang gini, itu sil kruk as diganti gak??... bisa aja bocor, ngebasahin flywheel dikit walo gak sampe rembes keluar tapi pengaruh...
akhirnya gw putusin buat ganti sil kruk as juga, mahal om... kena 147rb hrg pricelist utk barang sgp made in japan... tapi gw pikir drpd kenapa2 dan kerja 2x bongkar kopling... nah sekarang ada 5 item yg mau diganti, yaitu kopling, dekrup, dreklaher, pilot bearing, dan sil kruk as
---
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=611

posting gambar dolo ahh...

ini gakbar cv joint waktu pake kyodoyushi setelah 20rb km...

joint yg atas yg ke transmisi,
masih terlihat bening warnanya...


gambar 1

joint yg bawah yg ke roda,
warnanya malah lebih hitam mungkin karna tugasnya lebih berat pake muter2 belok kiri kanan


gambar 2

tenkyu...

---
sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=611

posting gambar dolo ahh...

ini kopling dan dekrup yg lama...
ternyata kopling dah tipis dan rata, pantesan gak enak...
untung gw ganti pada saat yg tepat...

 gambar 3

dan untungnya juga flywheel belom kena dan gak perlu dibubut...


gambar 4

tenkyu..
---
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=611

posting gambar lagi ahhh....

pas diturunin transmisi lsg poto2...

oh ini toh yg namanya sensor VSS, buat ngukur kecepatan hmm.. itu ada bekas oli bekas gara2 ketumpahan minyak rem waktu mo ngelepas baut2nya... bukan karna rembes transmisi

 gambar 5

nah kalo yang ini switch lampu mundur.... gw kirain sensor juga



gambar 6

---
sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=611

posting gambar lagi donk...

ini si biang kerok CKP alias sensor crankshaft, kenapa gw bilang biang kerok??? karna buat masangnya harus ngelepas belt aternator, ngelepas box saringan udara, dan yang parahnya mesti ngebuka 4 buah enjin monting

ini lobangnya CKP...


gambar 7

ini CKP waktu kepasang
 
gambar 8

 nah ini temennya CKP yaitu CMP...
 
gambar 9

---

sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=611

posting gambar dimari ahhh....

sukurlah kampas gw masih tebel...

gambar 10

tapi belt dah retak, dah 30rbkm sih... langsung ganti 2-2nya donk... kan dah sekalian dicopot waktu mo masang sensor CKP... daripada mesti kerja 2x

gambar 11


nah buat finishing, dikuras juga minyak rem, minyak kopling dan minyak PS... sekalian dibuang anginnya...


gambar 12

---

sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=611

posting gambar yuk...

ini pas diserpis...

gambar 13

habis di serpis enaknya mandi biar seger

gambar 14

---
sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=612

Quote:
Originally Posted by kasus88. View Post
mantap om

ini udah brp km yah ? bener2 abis tuh kampas kopling

tengah2nya flywheel di foto atas ntuh pilot bearing ya ? CMIIW
tul om itu yg ditengah2 flywheel namanya pilot bearing, walopun kecil tapi tugasnya berat

---
sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=612

Quote:
Originally Posted by kasus88. View Post
wah sayang kompie gua ga gua bawa....


weleh ini bener2 diprotolin yah....

bongkar pasangnya gmn caranya om ? tinggal tarik ??
betul om, bener2 protol abis, mesin nya aja cuma ditahan ama dongkrak 2 biji dibawah, selang2 radiator, ama pipa knalpot...

jangan tanya caranya gimana, gw cuma moto2in ajah
ini foto2 biar keliatan lebih protol...

awalnya sih biasa saja...
dongkrak2 dulu...

 gambar 15


copotin aki biar gampang buka bautnya...

 gambar 16


setelah cakram depan kelepas baru deh dibuka satu2 persatu baut gearbox..


gambar 17

ini gearbox setelah turun..

 gambar 18


gambar 19


gambar 20

 gambar 21

ini foto setelah flywheel di copot dari mesin

 gambar 22

ini foto enjin monting, awalnya cuma lepas 3 biji dah cukup buat turun gearbox, tapi karna mo ganti CKP juga akhirnya lepas semua deh 4 biji enjin monting...


gambar 23

 gambar 24

ini foto close up seal kruk as, perhatiin no seri ini kalo mo beli murah dan bukan sgp..

gambar 25

cv joint ikutan turun juga loh, makanya sekalian ganti grease...


gambar 26


gambar 27

ini seal kruk as sgp yang harganya gak enak itu

 gambar 28


ini foto lobang/dalemnya sensor abs, tuh kan keliatan giginya...


gambar 29

dah mo ampir kelar nih

gambar 30

ini pelat kopling oreo asli, mereknya daikin tapi masih buatan nipon loh...

gambar 31

ini dekrupnya, juga merek daikin, tapi gw gak nemu buatan mana

gambar 32



tenkyu..

---

sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=614

Quote:
Originally Posted by 0.0 View Post
ini bengkelnya dimana Om ? seal kruk asnya harus ganti tandanya apa ?
bengkelnya di bogor om... seal kruk as diganti kalo bocor, emang sih yg gw belom bocor tapi drpd kenapa2 dilain waktu dan mesti kerja 2x ya gw ganti aja...


---

report dolo ahh...
setelah ganti kopling, getar2an kecil jadi hilang...
misal gw start di gigi2 masi bisa, kalo dulu lsg getar2 hebat...
tapi perasaan sih lebih enak pake kopling lama walopun keras... lebih berasa gigitnya...
---
sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=615

Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
mantap infonya om

om kmaren tau mau ganti kopliing set gimana ciri2 pas uda layak ganti KM uda brp om...? ane blm pernah ganti ...
mohon penjelasannya
ciri2 yg dirasain waktu itu
- kopling kalo diinjek bunyi, tanda dreklaher dah kena
- pedal kopling terasa berat kalo diinjek
- start dari 0 kpj gigi 1 suka bergetar
- start dari gigi 2 dgn kec 10kpj juga bergetar
- km dah 67rb....

---
sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=615

Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
kalo sil as roda gak ganti om gue uda pernaah ganti karena rembes oli trnsmisi dari sana
gak ganti om...
tuh keliatan kan belom ada tetesan oli...

 gambar 18



gambar 21
lagian masih keliatan mata...
kalo sil kruk as kan gak keliatan...
---

Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
maksud start di gigi2 tu gimana om?
jd setelah ganti kopling gak enak yah om

ciri2 maren om mau ganti kopling alasannya apa? dari KM ? atau dari kondisi bawanya uda gak nyaman ?
gw kan suka males oper gigi...
misal pas lagi dijalan datar dan lagi jalan dgn gigi2, didepan ada polisi tidur, otomatis kan gw injek kopling dan ngerem sampe sekitar 7-10 kpj buat ngelewatin poldur dengan nyaman, pas roda belakang dah lewat poldur, langsung aja pake 1200-1500rpm di gigi 2 lepas kopling penuh.... terasa mulus gak ada getar..

kalo buat bawa nyantai enak aja sih om... kalo buat narik2 rasanya kurang mantap.. apa karna kaki gw masih kebiasaan ama kopling keras ya?

---
sumber

Quote:
Originally Posted by 0.0 View Post
wew, jauh aja kalo dari rumah saya . Kirain deket om, kalo deket saya mau ikutan mampir
kali2 aja pgn nyoba bengkel yg jauh2
lagian itu bengkel terhitung murah kok...cukup 300rb buat jasa ganti kopling set, ganti grease cv joint, overhaul rem, ganti belt, ganti sensor ckp, kuras oli rem/kopling/ps.... malah masih bisa ditawar kalo mau




---

sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=616


Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
tapi ganti sil as roda mesto copot satu as roda juga om
kalo gitu, pas nanti bocor sil as roda, ganti sil as rodanya tunggu ganti grease cv joint aja
kan sekalian dicopot...



---
sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=616

Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
wah.. sepertinya py gue mesti ganti... kalo start di gigi2 terasa geter dikit.. mknya banyakan pake gigi1
trus kalo mundur pas tanjakan juga geter mesti gasnya gedean
gw juga seperti itu kalo mundur dan ada nanjak dikit, gasnya mesti di 2000rpm lebih baru ngangkat...
tadinya gw kira geter2 itu dari enjin monting, ternyata masih bagus semua...
sukurlah....

---
sumber

Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
kalo gue grease as roda kan gak lepas semuanya.. ribet...
maren pas pasang juga di ketok kan ... buka pasang as roda pas mau cabut

atau ada cara lain
ganti sil as roda kan bisa dalam kondisi tranmisi nempel ke mesin kan om? tapi pasti mesti copot as roda dulu...
CMIIW....
---

Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
sama om... wah mesti keluar duit lg neh

gue jg kira engine mounting gue om

abis duit berapa om kopling 1set.. ada alamat nya gak beli dmn..? 4 macem kan yg di ganti om
kopling set sgp lokal (kopling, dekrup, deklaher, pilot bearing) kena 530rb harga jakarta... trus gw nambah lagi seal kruk as sgp japan yg harganya gak enak rp 147rb...


---
sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=620


Quote:
Originally Posted by kasus88. View Post
om ane coba bayangin nih foto susah banget ya....
1.nih foto dari arah depan mobil kan ?
2.berarti sebelah kiri di foto ntuh tempat filter box kan ?
3.nah yang di foto sebelah kanan bawah ntuh apa kompresor AC ??

pertanyaan terakhir
4. kenapa mesti 4 emon dilepas semua untuk ganti ntuh ??
agak2 bingung bro..... kok sepertinya deket2 /dibawah alternator tapi kok pulley-nya ada di kiri....
angle fotonya darimana sih ?

regards,
singachu
itu gw motonya jg susah om... yg penting tangan gw bisa masuk dan langsung jepret aja.... nah gitulah hasilnya...
posisi sensor ckp ada di balik alternator...
alasan copot 4 emon karna 3 emon emang harus dicopot utk ganti kopling, nah karna pengen skalian ganti ckp maka dilepas sekalian aja emon dibawah box filter... biar mesinnya bisa fleksibel di naik turunin nyari posisi yg pas buat merogoh sensor ckp yg letaknya nyempil.... plus direpotin juga ama baut belt tensioner yang slack...
gw juga heran kenapa susah banget buat ngelepas sensor ckp padahal di buku sakti pedoman perawatan punya SX4 cukup lepas belt alternator dan geser alternator menjauh dari blok mesin saja..

---
mantaps reportnya bro kijang :)

---
tambahan email dari milis AIC (Aerio Indonesia Club) by Agus Suryadi - dedengkot dan divisi Teknik AIC


Re: [AerioIndonesia] Pencerahan sensor ...

Minggu, 14 Februari, 2010 22:15
Dari:
Kepada: AerioIndonesia@yahoogroups.com


Dear Rekan-Rekan,

Maaf mau jawab pertanyaan penting ini, nanti bisa dibantu rekan bengkel resmi lain jika gak saya gak sempat jawab ,


CAM sensor adalah sensor untuk CAM atau noken as atau pengungkit klep. CAM sensor berada di sebelah kiri mesin di dekat selang radiator sebelah aki. Fungsinya mengatur CAM agar dapat bekerja optimum terhadap kebutuhan mesin yang berhubungan dengan pengaturan dari VVT bagian kanan dekat filter udara (tidak bisa dilihat karena didalam cover head).

CRANK sensor ada dibagian bawah dekat dengan flywheel bagian transmisi , gunanya untuk mengatuk kruk as atau crank.

Kedua sensor ini penting, jika terjadi check engine di dashboard berwarna kuning maka ada beberapa langkah dan deskripsi penting :

1. Segera ke bengkel RESMI, jangan ke bengkel manapun, karena bisa berhubungan dengan garansi setelah perbaikan.
2. Teknisi BERES sudah berpengalaman dengna masalah ini dengan memeriksa kerusakan menggunakan SCANNER.
3. CKP dan CMP adalah benar hasil SCANNER dari kerusakan (Message terhadap kerusakan).
4. Jika dibutuhkan untuk pergantian segeralah ganti.
5. Kerusakan ini merupakan sedikit masalah M15A dimana sering timbul setelah pemakaian sekitar 50 rb km atau setelah 3 tahun.
6. Akibat dari kerusakan ini adalah KNOCKING atau nglitik.
7. Kerusakan ini tidak akan terjadi di RPM rendah pada awalnya , hanya terjadi jika pemakaian agak extreem dan di RPM tinggi.
8. Sensor ini bisa diperbaiki juga dengan cara membersihkannya dan meng ERASE dgn SCANNER tapi ini adalah tidak permanent dan masalh sebenarnya tidak selesai.
9. Kerusakan paling parah adalah bukaan KLEP tidak sinkron dengan naik turunnya PISTON sehingga terjadi tabrakan , akibatnya fatal dan dapat menyebabkan Klep bengkok, Piston berlubang, noken as PATAH.
10. Kerusakan  lain yang cukup parah adalah TERGESER nya POSISI SENSOR di NOKEN as bagian OUTPUT, dapat dilihat setelah dibuka COVER head. dan dilihat tanda dari pelatuknya terhadap noken as.
11. Setelah itu jika kerusakan dibiarkan akan terjadi miss fired atau kesalahan ledakan dan engine bisa rusak total dalam arti ada materi bekas tabrakan klep dan piston jatuh dalam ruang bakar dan terjadi kerusakan total , sisanya tinggal mengganti Piston, Klep , oversize dll dll. Estimasi biaya maksimum 20 - 25 jt.


Pencegahan :

1. Rawat atau service mesin dengan teratur, carbon clean di anjurkan
2. Gunakan bensin yang baik , walau dengan kompresi rendah 8.5 : 1 cukup premium, tapi kualitas premium dengan kondisi muatan dan sebagainya dapat menyebabkan knocking.
3. Gunakan gigi sesuai dengan kebutuhan , contoh penggunaan gigi salah : gigi 5 digunakan pada kecepatan 50 -60 km/h.
4. Gunakan OLI MESIN sesuai dengan rekomendasi PABRIKAN karena berfungsi juga untuk tekanan oli di VVT.

Maaf mungkin setelah info sedikit ini bisa di cross check dengan keterangan BERES yang lebih  kompetent dan berpengalaman.

Mudah-mudahan selesai masalahnya.

Thanks

Agus Suryadi
---
tambahan gambar dari om kijangtua
 gambar 22 - double per pada dekrup, 2 buah double per, 2 buah single per
gambar 23 - kampas kopling abis tapi belum menggerus flywheel
regards,
singachu

Comments
0 Comments
Google+ :

0 comments:

Poskan Komentar