Senin, 27 Desember 2010

DIY : {Zindro} ukur nilai resistansi CO Adjuster untuk patokan setel CO Aerio

sumber Diskusi di kaskus : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=337207627#post337207627
lanjutan dari : DIY Setel CO / Lamda Aerio

Tambahan:
Setelan CO menggunakan VR 50K (3 pin) dengan jumlah putaran 20~22.

Setelan Beres.
Ukur VR ujung ke ujung dengan multimeter 51,2K. Cabut setelan & diukur dg tester 11,9K dan 39,8K. (kait menghadap ke bawah).

Putar ke kanan 3 x 360 derajat
18K dan 33,8K.

Hasil pengukuran kurang akurat krn memakai multimeter murahan.
1. 11,9+39,8 = 51,7K
2. 18 + 33,8 = 51,8K

18-11.9= 6,1 (3 putaran)
Berarti 1 putaran penuh setara 2,03K
Dikonversikan ke putaran berarti ada sekitar 24 putaran.

Dg mengukur tahanan yg ada bisa dilakukan penyetelan lebih akurat dan dapat mengingat posisi awal shg jika kurang puas bisa dikembalikan ke posisi semula.
Zindro is offline Add to Zindro's Reputation Report Post Report Post

by Zindro

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=337531040#post337531040

ukur hambatan di setelan CO seperti om zindro..
cm gw masih bingung.. gak ada patokan...

gambar 1

gambar 2


ini posisi setelan gw cabut
ukur tengah & kiri sama tengah & kanan hasilnya beda

ukuran tengah dan kiri semakin diputer ke kiri (berlawanan jam) angka hambatannya makin gede

ukuran tengah dan kanan semakin di puter (searah jam) hambatannya makin kecil..

gambar 3

gambar 4

ini ngukurnya pas posisi di colok tp mesin mati...
kok hasil nya jadi hampir sama ya

gambar 5

gambar 6

ini ngukurnya pas mesin idup... hambatannya berubah lage

gambar 7

ini gw nemu ukuran pas di 0,00 dgn ukur tengah dan kanan aja
bila di puter ke kiri hasilnya tetep 0,00 bila di puter kanan hasil nya naik hambatannya...

bila di puter ke kiri mesin idle nya brebet...
jadi pelan2 pas antara 0,00 dan 0,01 mesin idle nya lgsg halus normal...

apakah disini setelan pas nya gw jg bingung

ayo.. yg punya setelan co nya irit coba di ukur.. biar bisa jadi perbandingan

by Centraltech8

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=337551535&posted=1#post337551535

Posisi waktu dicabut dah persis gambar waktu diukur (kait hadap bawah). (gambar 1 dan 2 dari postingan bro centraltech8)
Setelan BERES
kiri & tengah 11,9K
kanan & tengah 39,8K

Kalo lagi di tancepin & dinyalain ukuran biasanya rada ngaco, jangan dijadiin patokan.

by Zindro

Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
om itu gw kaitannya kan diatas ?

jadi sementara tenaga nya gimana om ? enak gak ? irit nya uda ketauan blm ?

tar di coba om ukurannya 
Iya sori, punya kamu hadap keatas tapi pin hadap menjauh dr badan.
Saya hadap bawah, tapi pin hadap ke badan saya. Jadi sama saja, sesuai dg gambar om.
by Zindro

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar