Minggu, 22 Mei 2011

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

Newbie udah lama beli High Pressure Cleaner Listrik merk Multipro HPW718-MP, dan sejak lama sudah mulai macet-macetan terutama saat hendak digunakan pertama kali. Waktu saklar di ON mesin High Pressure Cleaner ini hanya menderung/mendengung saja tapi keluaran air tidak kencang, awal-awal harus dipancing beberapa kali ON-OFF tapi akhir-akhir ini makin lama dan membuat jengkel. Yang menjengkelkan juga adalah listrik sering mati karena MCB 6 Ampere (1300 Watt) tidak mencukupi lagi, padahal secara spek HPW718-MP ini hanya mengkonsumsi 900 Watt saja dan kalau sudah jalan newbie tidak ada kendala listrik meskipun bersamaan dengan peralatan listrik lainnya seperti TV, pompa air, lampu.

Sudah coba cari-cari referensi untuk tau cara kerja High Pressure Cleaner tapi tidak dapat juga, akhirnya modal nekad untuk ngebuka hehehehee... Kebetulan badan sedang ga enak tapi tangan lagi gatal, ya udah bongkar High Pressure Cleaner aja deh, iseng-iseng. Maaf foto-fotonya rada kebalik dan tidak step by step karena newbie masih meraba-raba apa yang mesti dilakukan hehehehe.

Test nyalakan High Pressure Cleaner ternyata dengung saja, bongkar cangkang dah. Berukutnya kalau diperhatikan antara air masuk dan air keluar hanya ada di head bagian teratas saja, ya sudah bongkar.... ada 4 baut pakai kunci Hexa atau kunci L, lubang bautnya nampak di gambar 3.

Gambar 1 - Head dilepas

Gambar 2 - Head berpasangan dengan piston

Pada gambar 2 terlihat piston tiga buah yang besarnya seperti jari jadi kecil ternyata. Pada gambar 4 newbie coba nyalakan listrik dan ternyata langsung jalan dengan entengnya. Hati-hati pada saat menyalakan karena di belakang ada kipas dari plastik, pastikan kipas tidak terhalang dengan mengganjal body mesin.


Gambar 3 - Head dan 4 lubang baut

Gambar 4 - Tiga Piston bergerak

Gambar 5 - Cylinder head Pasangan piston

Pada gambar 5 terlihat lubang-lubang letak piston-piston tadi bergerak. Ada karet-karet sealnya, congkel saja karetnya, terlihat di dalam ada kerak-kerak, bersihkan dengan amplas. Pasang kembali karet-karetnya.

Gambar 6 - Test nyala

Hmmm jalan nih setelah terpasang, tapi kok ada kucuran air yah di tanda panah yang bawah..... bongkar lagi ternyata ada O ring yang terlepas seperti terlihat di gambar 7. Test nyala lagi dan sukses.

Gambar 7 - O Ring dan piston

Sep setelah sukses, baru deh coba foto-foto cangkang dan lokasi sekrup untuk dibuka, sebenernya gampang kok, tinggal dilihat aja juga ketahuan. Yang menarik tadinya kipas tidak bisa diputer tangan karena seret, sekarang terlihat enteng puter tangan.

Gambar 8 - Cangkang dan posisi sekrup dari samping

Gambar 9 - 2 sekrup yang dibuka dari bawah

Gambar 10 - setengah terpasang

Gambar 11 - Terpasang dan test lagi

Yang susah ngembaliinnya, mesti pas :) Test lagi sep. Besok-besok deh direport lagi gimana hasilnya, karena biasanya bakalan macet lagi kalo dah disimpen/didiemin lama, kalo didiemin bentar ga masalah.

regards,
singachu

update info : sore ini dicoba langsung lancar dan mulus.....case closed :)

Bongkar-bongkar kartu garansi, dapat info :
Pembelian23 May 2009
Harga Beli820rb include PPN
TokoDepo Bangunan Sidoarjo
Garansi3 bulan, 2x service + sparepart untuk mesin tidak termasuk body dan asesoris
Tekanan kerja65 bar
Tingkat arus kerja6.4 L / menit
Tekanan suplai air maks4 bar
kapasitas motor0.9 Kw
voltase power supply230V/50Hz
Kecepatan putaran motor2800r/mnt
Temperatur air maks50*C
Panjang Selang5m
Bobot13 kg
ukuran430x310x275mm

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar